Mantan Ketum PSSI Dapuk Ketua Senator

Mantan Ketum PSSI Dapuk Ketua Senator

Pilkada Rentan Saling Serang Isu Sara, Pengamat Politik: Etika Harus Dikedepankan
Galang Dukungan, Ketua DPD RI Silaturahmi dengan PB NU
Sebagai Benteng Keadilan Terakhir, MA Dinilai Runtuhkan Hukum di Tanah Air

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Mantan Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti mendapuk kursi empuk sebagai Ketua DPD RI Periode 2019-2024 mengantikan Oesman Sapta Odang (OSO). La Nyalla sendiri menjadi anggota senator terpilih dengan Daerah Pemilihan dari Jawa Timur.

La Nyalla mengungguli tiga calon ketua DPD terpilih lainnya, yaitu Senator asal Maluku Nono Sampono, Senator Mahyudin, dan Senator Bengkulu Sultan Bachtiar. Tercatat 131 surat suara yang sah dan satu suara abstain di papan penghitungan suara. Pemilihan itu digelar di Gedung DPR/MPR, Selasa (1/10) malam.

Senator La Nyalla unggul dengan perolehan 47 suara, mengungguli Senator Nono Sampono dengan 40 suara, Senator Mahyudin dengan 28 suara, dan Senator Sultan Bachtiar dengan 18 suara. Senator La Nyalla sebelumnya menjanjikan tiga hal, yaitu rumah tinggal di Jakarta untuk anggota DPD periode 2019-2024, memperjuangkan aspirasi perempuan, dan menambah jumlah staf dari tiga orang menjadi tujuh orang.

Baca juga  Datangi DPD RI Dirut PLN Tegaskan Tidak Ada Kenaikan Listrik

La Nyalla bahkan berani berjanji untuk menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk merealisasikan janji-janji tersebut.

“Banyak anggota DPD di daerah yang tidak memiliki rumah di Jakarta. Saya akan berbicara ke Menteri Keuangan agar ada pertimbangan kembali,” ujar La Nyalla.

Baca juga  Ketua DPD RI Mendorong Penguatan dan Perluasan Kerjasama Bilateral Indonesia – Kuba 

La Nyalla juga berjanji mewujudkan sistem ketatanegaraan yang ideal. Untuk itu, ia juga membagi program kerjanya ke dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

“Jangka pendek menyangkut kepentingan anggota DPD yang akan saya perjuangkan. Sejak DPD RI berdiri hanya ada empat kantor di daerah. Ini harus kita teruskan. Kalau saya dipercaya,” ujar La Nyalla.

Dalam jangka menengah dan jangka panjang, ia berjanji akan menjadikan DPD sebagai lembaga yang dapat menampung berbagai dinamika bangsa dan daerah. (aw/ali)