Lima Kantor Dinas Kabupaten Malang Diobok-obok KPK

Lima Kantor Dinas Kabupaten Malang Diobok-obok KPK

Pejabatnya Terjaring OTT, Kantor Inspektorat dan Kejari Pamekasan Disegel KPK
OTT KPK di Pamekasan, Bupati dan Kajari Ikut Tertangkap
Minggu Depan KPK Periksa Menteri Desa PDTT

MALANG, SUARADEWAN.com — Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penyidikan atas dugaan gratifikasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan Kabupaten Malang, Jawa Timur, tahun 2011, Selasa, 9 Oktober 2018.

Lima Kantor Dinas di lingkungan Kabupaten Malang menjadi sasaran penggeledahan atas kasus yang telah menetapkan Bupati Malang, Rendra Kresna, sebagai tersangka penerima gratifikasi ini.

Lokasi penggeledahan pertama adalah, Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Malang di Jalan Penarukan 1, Kepanjen, Kabupaten Malang. Lokasi kedua adalah, Kantor Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya, di Jalan Trunojoyo atau Perkantoran Terpadu, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Tempat ketiga yakni, Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Malang, di area Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Kiai Haji Agus Salim, Klojen, Kota Malang.

Baca juga  KPK Tetapkan Irjen Kementerian Desa dan Auditor BPK Sebagai Tersangka

Masih di area Pendopo KPK turut menggeledah Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang. Tempat terakhir yang menjadi sasaran penggeledahan adalah Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang.

Sebelumnya, pada Senin malam, KPK telah melakukan penggeledahan di Rumah Dinas Bupati Malang di Area Pendopo Agung Kabupaten, dan rumah pribadi Rendra Kresna, di Desa Tirtomoyo, Pakis, Kabupaten Malang. Dari penggeledahan itu KPK mengamankan barang bukti dokumen kepegawaian dan beberapa dokumen pengaduan masyarakat.

Rendra Kresna mengatakan meski telah berstatus tersangka KPK, ia memastikan proses birokrasi di Pemerintahan Kabupaten Malang berjalan lancar. Ia memastikan fungsi pemerintahan akan tetap optimal melayani kebutuhan masyarakat.

Baca juga  Lagi, Wakil Rakyat Kembali Kena OTT KPK

“Sejauh ini birokrasi di Kabupaten Malang lancar-lancar saja. Saya ketemu dengan semua SKPD untuk kegiatan yang segera diselesaikan. Saya beri motivasi agar mereka tidak khawatir dengan kondisi dan informasi yang mereka lihat di media massa,” kata Rendra Kresna.

Setelah penggeledahan, KPK tidak memberikan keterangan resmi kepada media. KPK juga tidak mengungkapkan barang bukti apa yang dibawa dari lima kantor Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang yang digeledah. (vv)

COMMENTS