oleh

Liga Arab Sebut Hizbullah sebagai Organisasi Teroris

KAIRO, SUARADEWAN.com – Pertemuan negara-negara anggota Liga Arab yang digelar di Kairo, Mesir, Jumat kemarin, secara sepakat menyampaikan bahwa kelompok Hizbullah adalah organisasi teroris. Disebutkan bahwa Hizbullah serta garda revolusioner Iran, mendanai dan melatih kelompok-kelompok teroris di Bahrain.

Deklarasi ini disampaikan beberapa jam setelah delegasi Arab Saudi meninggalkan ruang pertemuan Liga Arab menyusul pidato Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al-Jaafari. Dalam pidatonya, al-Jaafari membela persatuan milisi Syiah, Hashd Shaabi. Militer Irak selama ini bergantung pada kelompok Hashd al-Shaab tersebut dalam perangnya melawan para militan Sunni radikal, ISIS.

banner 1285x856

“Dalam pidatonya (Menteri Irak) dikatakan bahwa Hashd Shaabi dan Hizbullah telah menjaga martabat Arab dan mereka yang menyebut para milisi itu teroris adalah teroris,” ujar sumber Kementerian Luar Negeri Irak, seperti dilansir oleh Reuteurs.

Hizbullah selama ini umum dikenal sebagai sebuah partai politik dan milisi Syiah yang berperan penting dalam mengusir Israel dari Lebanon. Israel, AS, Britania Raya, Belanda, Australia dan Kanada telah lebih dahulu menyatakan Hizbullah sebagai organisasi teroris. (zz)

Komentar

Berita Lainnya