oleh

Laus D.C. Rumayom: Membangun Papua Susah Gampang, Kepala Daerahnya Harus Benar

PAPUA, SUARADEWAN.com –  Lembaga Layanan Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana menggelar seminar berbasis internet atau webinar yang bertajuk; “Membangun Kawasan Indonesia Timur sama dengan Membangun Indonesia”, via Aplikasi Zoom, pada Kamis siang (12/12/2020)

Tenaga Ahli Kedeputian V Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, Keamanan dan HAM, Laus Deo Calvin Rumayom mencatat bahwa untuk memajukan Indonesia Timur, khususnya Papua maka tidak cukup hanya orang-orang yang memiliki skil tetapi juga soft skil.

banner 1280x904

“Pengelolaan sumber daya alam Papua tidak hanya memerlukan skil karena itu tidak cukup. Kita perlu orang-orang papua yang memiliki solf skil. Karena itu salah satu yang diperlukan di Papua itu bagaimana meningkatkan pendidikan di Papua, ini salah satu prioritas papua” ucapnya.

Baca juga  Masyarakat Tegaskan Papua Sudah Merdeka dalam Bingkai NKRI

Selain itu, Ia juga menilai transpransi keterbukaan pengelolaan Otsus di Papua kurang. Hal ini menurutnya menjadi perdebatan di masayarakat dan menyulitkan kita untuk mengukur perkembangan pembangunan Papua dalam bingkai Otsus.

“Saya melihat bahwa evalusi Otsus sangat penting. Satu permasalahan di Papua yaitu tidak semua wilayah di papua ingin melakukan mengevaluasi Otsus. Ini menjadi permsalahan, sedikit menyulitkan karena kesulitan kita mengukur perkembangan Papua dalam lingkup Otsus” jelasnya.

Baca juga  Sejumlah Aliansi Masyarakat Papua Gelar Aksi Massa Menuntut PT Freeport Ditutup

Ia pun menilai bahwa membangun Indonesia timur, khususnya Papua itu susah-susah gampang. “Saya berpikir membangun indonseia timur tidak susah. Kepala-kepala daerah harus benar, ini yang penting,” tutupnya. (aw)

Komentar