oleh

Lahan Sekolah Digugat Warga, DPRD Kota Balikpapan Pertanyakan Pendataan Aset Pemkot

BALIKPAPAN, SUARADEWAN.com — Lahan SD Negeri 008 Balikpapan digugat warga, menjadi perhatian anggota DPRD Kota Balikpapan dengan mempertanyakan kinerja Pemkot Balikpapan dalam melakukan pendataan aset.

Menurut Wakil Ketua Komisi II Meike Henny, hal-hal seperti ini telah menjadi persoalan klasik yang tak kunjung selesai. Sehingga menyebabkan aset Pemerintah Kota Balikpapan menjadi rawan sengketa.

banner 1280x904

“Kasus seperti ini terus berulang, sebelumnya kasus Cemara Rindang, pemkot kalah gugatan dan harus ganti rugi ke ahli waris,” kata Mieke di Balikpapan (29/2).

Sebagaimana informasi yang diperoleh, bahwa lahan sekolah yang digugat oleh warga adalah lahan sekolah seluas 900 meter persegi dari luas lahan sekolah yang mencapai 2000 meter persegi.

Baca juga  Sependapat Dengan Pemkot, DPRD Kota Balikpapan: Kesehatan dan Keselamatan Yang Utama
Wakil Ketua Komisi II Meike Henny

Mieke meminta Pemkot Balikpapan untuk serius dalam menangani setiap persengkataan atas aset yang diklaim oknum warga, termasuk mengurus sertifikat hak atas tanah yang telah berdiri fasilitas umum.

“Kalau dibiarkan bisa merugikan masyarakat dan pemerintah, apalagi saat kalah gugatan dan harus bayar ganti rugi. Sehingga harus dibenahi, jangan lagi ada celah gugatan karena ini sangat penting,” tambah Mieke.

Dengan adanya sengketa kepemilikan seperti ini, dikhawatirkan akan berpengaruh kepada kualitas pelayanan ke masyarakat, pasalnya beberapa masyarakat sering mengeluhkan layanan akibat adanya sengketa kepemilikan.

Baca juga  Kaji Banding Penerapan Tarif Retribusi, DPRD Kota Palangkaraya Kunker ke DPRD Kota Balikpapan

“Ya, keluhan itu sudah kami dengar dan kami sampaikan ke pemkot,” pungkasnya.

Persoalan sengketa kepemilikan terhadap aset pemkot oleh warga memang menjadi perhatian dari Komisi II DPRD Balikpapan, selain sengketa Lahan SDN 008 Balikpapan, pihak DPRD juga mempertanyakan aset daerah yang masih berstatus sewa pinjam pakai antar instansi termasuk aset hasil Build Operate Transfer (BOT). (Irf)

Komentar