Kuliah Sambil Kerja, Tambah Uang Jajan

Kuliah Sambil Kerja, Tambah Uang Jajan

Tak Sanggup Ungkap Kasus Novel, Mahasiswa Tuntut Kapolri Mundur
Mahasiswa UGM Sulap Limbah Cangkang Udang Jadi Pembersih Kloset Duduk
Diduga Dianiaya Dosen, Mahasiswa Unpam Lapor Polisi

SUARADEWAN.com –  Bagi mahasiswa baru, dunia kuliah menjadi fase awal mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berbeda. Inilah waktunya mahasiswa mengeksplorasi diri untuk persiapan menyambut dunia kerja mendatang.

Maka dari itu, waktu kuliah pun tak boleh disia-siakan. Sebab, saat itu, mahasiswa punya kesempatan besar lewat kegiatan berorganisasi, atau bahkan cari kerja sampingan. Nah, apa saja manfaatnya?

Universityherald.com, Rabu (29/06/2016), menuliskan bahwa sebelum mendapat gelar, mahasiswa bisa memiliki kesempatan besar untuk memperoleh penghasilan melalui pekerjaan sampingan jika mereka punya nilai dan kemampuan yang dapat diandalkan.

Punya banyak manfaat

Memiliki pekerjaan sampingan punya banyak manfaat. Salah satunya, mengasah kemampuan atau skill. Dunia kerja dengan persaingan yang ketat nantinya menuntut siapa pun memiliki kemampuan yang bisa dijadikan daya tawar.

Misalnya, kemampuan menulis dengan menguasai beberapa penggunaan peranti lunak atau aplikasi. Contoh, kalau Anda suka menulis naskah dan berkeinginan kerja di rumah produksi, belajarlah membuatnya menggunakan aplikasi Celtx. Kemampuan itu dapat dijual ketika Anda mencari pekerjaan sampingan yang linear.

Tak hanya itu, kerja sampingan juga bisa mendorong Anda melakukan hal baru. Bila Anda dituntut untuk bekerja mengutak-atik berbagai aplikasi yang baru dikenal, jadikan hal itu sebagai ajang menantang diri untuk meningkatkan kemampuan.

Baca juga  Aksi Mahasiswa Papua Menuntut Pembubaran Freeport Tak Berizin dan Berpotensi Makar

Fleksibilitas dan jenis pekerjaan

Menemukan pekerjaan sampingan yang tepat tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan uang jajan, tetapi juga memaksimalkan kemampuan mahasiswa dalam mengatur waktu antara deadline kerja dan kegiatan kuliah lainnya.

Sayangnya, bila tidak pintar mengatur waktu, kuliah dan pekerjaan bisa hancur bersamaan. Karenanya, butuh trik untuk menyeimbangkan keduanya. Paling tidak, jangan sampai pekerjaan sampingan malah jadi beban.

Menurut Direktur Konten Online FlexJobs, Brie Reynold, carilah posisi pekerjaan yang berkualitas dengan jadwal fleksibel. Informasi mengenai pekerjaan juga harus berasal dari sumber terpercaya.

“Biasanya banyak penipuan ketika ada info ‘bekerja dari rumah’. Jadi, mahasiswa harus waspada dan teliti saat mencari kerja sampingan yang tepat,” kata Reynold, dilansir oleh businessinsider.com, Rabu (21/10/2015).

Bayangkan asyiknya menggeluti hobi ditambah jam kerja yang fleksibel, lalu dibayar pula.

FlexJobs merincikan beberapa pekerjaan sampingan yang dapat ditekuni mahasiswa. Di antaranya adalah asisten media sosial, asisten peneliti, peneliti online, penulis, fotografer lepas, editor konten, editor foto atau video, desainer website, dan desainer grafis.

Pekerjaan sampingan tersebut tergolong fleksibel bagi mahasiswa karena kebanyakan cukup bermodal laptop. Melalui peranti lunak dan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan di laptop, proses asah kemampuan pun bisa dilakukan.

Untuk mempelajari pengalaman baru, cobalah cari kegiatan tambahan di luar kuliah dan pekerjaan sampingan. Misalnya, pelajari Adobe Premiere saat mengedit video, dan coba-coba bikin poster dengan Adobe Photoshop saat ada waktu luang.

Baca juga  10 Teratas Perguruan Tinggi Terbaik dan Top Dunia Versi QS World

Siapa tahu, kemampuan itu bisa jadi “jualan” ketika Anda tertarik dengan dunia desain grafis.

Karena kebanyakan pekerjaan fleksibel semacam itu menuntut seseorang memiliki laptop, maka carilah peranti dengan spesifikasi sesuai jenis pekerjaan.

Untuk menjajal pekerjaan seperti desain grafis, misalnya, carilah laptop yang memiliki kapasitas dan performa di atas rata-rata, mengingat nantinya harus diisi dengan berbagai software. Fitur Intel® Core™ i7 Processor dan memori lebih dari 16GB dengan performa tinggi, contohnya, sudah cukup jadi modal.

Saat ini, laptop dengan spesifikasi seperti itu sudah cukup banyak dipasarkan. Salah satu contohnya adalah yang dimiliki Lenovo Ideapad 520s.

Supaya produktivitas Anda tak menurun, lebih bagus lagi kalau laptop sudah dilengkapi dengan daya baterai yang tahan lama. Nah, spesifikasi ini dimiliki Lenovo Ideapad 720s yang mampu menyimpan daya sampai 14 jam. Desain yang halus dan ringan juga membuat tampilan laptop jadi menarik.

Nah, kalau sudah mengetahui manfaat, jenis pekerjaan, dan modal yang harus dimiliki, tak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan.

COMMENTS