oleh

KPU Siapkan SIPOL Bagi Peserta Pemilu

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan bahwa penetapan Partai Politik peserta pemilu sudah harus ditetapkan 14 bulan sebelum hari pemungutan suara dilaksanakan.

Hal tesebut, menurut Komisioner KPU RI Hasyim Asyari tertuang jelas dalam UU itu sendiri. Oleh karenanya, KPU tengah menyiapkan sebuah sistem informasi partai politik (Sipol) agar parpol bisa dengan mudah dalam mengakses keseluruhan tahap-tahap menuju pemilu 2019.

banner 1280x904

“Rencananya Senin (12/9) akan ada pertemuan untuk membahas sipol ini, ujicoba ketiga dengan parpol. Parpol agar juga mempersiapkan,” ujar Komisioner KPU Hasyim Asyari saat dihubungi, Jumat (8/9).

Baca juga  KPU Sebut Semua Capres Akan Dikawal Paspampres

Oleh karenanya, lanjut Hasyim, dengan adanya sistem seperti itu para parpol peserta pemilu dapat menyiapkan diri sebaik-baik mungkin.

Baca juga  Ini Konsekuensi yang Ditanggung Parpol Jika Tak Tuntaskan Pengisian SILON

“Karena ini kegiatan untuk menentukan peserta pemilu dan kegiatan ini waktunya dibatasi. Artinya dengan begitu penyelenggara dan parpol menyiapkan diri,”tuturnya.

“Oleh karena itu banyak orang karena disatu sisi penyelenggara sampai verifikator di lapangan, di sisi lain parpol mengerahkan sumberdayanya yang maksimal,” tutur Hasyim.

Komentar