KPU Loloskan 435 Bacaleg DPR RI Partai Hanura, Sekjen: Semuanya Pejuang!

KPU Loloskan 435 Bacaleg DPR RI Partai Hanura, Sekjen: Semuanya Pejuang!

JAKARTA, SUARADEWAN.com -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akhirnya hanya menetapkan 435 orang Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR

“Mendadak Caleg !”
PSU 2 TPS Dapil 2 Kolaka, Dokter Hakim Tetap Unggul Dari Pesaingnya di Partai PAN
KPU Beri Waktu Tiga Hari pada Bakal Caleg Eks Koruptor Lengkapi Berkas

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia akhirnya hanya menetapkan 435 orang Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPR RI Partai Hanura dari 575 nama Calon yang didaftarkan di Silon KPU.

Keputusan KPU bernomor 1070 tersebut merupakan perubahan atas Keputusan KPU nomor 1024 tahun 2018 tentang DCS anggota DPR RI Pemilihan Umum tahun 2019. Ke-435 DCS tersebut telah ditetapkan KPU 1 September 2018 lalu.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya KPU hanya meloloskan 9 nama caleg yang memenuhi syarat berdasarkan verifikasi berkas pendaftaran. Keputusan ini kemudian disengketakan dan dimediasi oleh Bawaslu, sehingga dilakukan perbaikan berkas pendaftaran. KPU mengumumkan DCS caleg Partai Hanura menjadi yang terbanyak tak memnuhi syarat.

Baca juga  KPU Beri Waktu Tiga Hari pada Bakal Caleg Eks Koruptor Lengkapi Berkas

Berkas perbaikan yang diajukan memuat 449 dari 80 Dapil, dan pihak KPU hanya meloloskan 282 yang memenuhi syarat, dan menyatakan 167 caleg tidak memenuhi syarat dan menggugurkan 22 Dapil. Keputusan itu kemudian digugat kembali oleh Partai Hanura hingga keluarlah keputusan ini.

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) mengapresiasi kerja keras tim verifikasi DPP Partai Hanura hingga mengasilkan DCS yang sangat signifikan.

“Dengan kerja tim ini terpilihlah 435 orang. Terima kasih kepada tim verifikasi yang telah bekerja siang dan malam,” kata OSO dalam rapat koordinasi dengan seluruh Ketua DPD Hanura se-Indonesia, Rabu (5/9/2018).

Baca juga  Partai Hanura Kutai Timur Resmi Buka Pendaftaran Calon Legislatif

Di tempat yang sama Sekjen Partai Hanura Herry Lontung Siregar mengatakan dengan jumlah 435 orang tersebut Partai Hanura siap melakukan pembekalan terhadap para caleg Hanura.

“(435) Caleg Hanura ini merupakan pejuang-pejuang partai dan diharapkan ditangan mereka usaha perjuangan Hanura akan tercapai,” kata dia.

Tahapan pemilu 2019 pada saat ini telah memasuki verifikasi pengganti DCS 11-13 September 2018. Kemudian penyusunan dan penetapan daftar calon tetap (DCT) 14-20 September 2018.

Terakhir, pengumuman DCT pada 21-23 September 2018. Adapun pemilihan legislatif (pileg) akan dilaksanakan serentak pada Rabu, 17 April 2019 di seluruh Indonesia. (sd)

COMMENTS

DISQUS: