oleh

KPU Akan Tindak Tegas Petugas KPPS yang Curang di Pilgub DKI

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan tindak tegas oknum petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang melanggar aturan dalam pelaksaan pilkada 15 Februari 2017.

“Dari hasil evaluasi, kalau terbukti ada petugas yang memang tadi menyalahi prosedur, bahkan ada yang menghilangkan hak pilih dari warga, dipastikan di putaran kedua tidak ditugaskan lagi,” tegas Ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno, saat berada disela-sela acara rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pilkada DKI Jakarta, di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (26/2).

banner 728x419

Sumarno tak menampik, masalah atau pun pelanggaran yang terjadi di TPS sering terjadi.

“Jadi, pemahaman mereka walaupun sudah diberikan bimbingan teknis, sudah ada buku panduan, bahkan surat edaran, tetapi kan mereka ini memang baru semua,” katanya.

“Jadi semuanya baru menyelenggarakan pemilu. Jadi ada persoalan-persoalan yang secara teknis bermasalah, barangkali bisa dipahami. Akan tetapi, yang jelas kalau sampai merugikan hak konstitusional warga itu dipastikan akan dilakukan penggantian petugas,” kata Sumarno.

Saat ditanya apakah akan membawa dugaan pelanggaran itu ke ranah pidana, Sumarno menyebut, hal itu merupakan tugas dan kewenangan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Nanti badan pengawas pemilu yang akan melakukan itu,” tutupnya. (ET)

Komentar

Berita Lainnya