oleh

Kapten Indonesia Lebarkan Sayap di Bumi Cenderawasih Papua Barat

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Komunitas Penyedia Tenaga Kerja Internasional (Kapten) Indonesia kembali mengembangkan sayapnya di Bumi Cenderawasih Papua Barat dengan resminya dilantik Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Papua Barat yang dikomandoi oleh Muhaimin Anhar sebagai Ketua Umum dan Aroby Bayete sebagai sekretaris DPW Papua Barat, pada Sabtu (05/09/2020) di Papua Barat.

Ketua DPW Papua Barat, Muhaimin Anhar, mengatakan cukup berbangga atas amanah yang diberikan kepadanya dalam mengamankan program-program kerja Kapten Indonesia di Papua Barat. Salah satunya, kata Muhaimin, adalah pemberangkatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebanyak 15.000 PMI untuk ditempatkan di Malaysia.

banner 1280x904

“Semoga amanah yang kami emban hari ini dan kedepannya bisa kami jaga bersama. Dalam advokasi cipta ketenagakerjaan dan menyediakan program-program ketenagakerjaan di Papua Barat,” kata Muhaimin Anhar kepada suaradewan.com, Minggu (06/09).

sesi foto bersama Ketum DPP Kapten Indonesia Abdul Rauf, Anggota DPRD Papua Barat, Abdullah Gazam, dan DPW Papua Barat

Ditempat yang sama, Ketua Umum DPP Kapten Indonesia, Abdul Rauf, menjelaskan bahwa kehadiran KAPTEN Indonesia di Bumi Cendrawasih Papua Barat sebagai bagian dari kepedulian generasi muda lintas batas.

Ia melanjutkan, bahwa secara geografis Papua Barat adalah pintu masuk Pulau Papua, sebanyak 13 Kabupaten dan Kota, Papua Barat merupakan pecahan dari propinsi Papua Sendiri, dengan jumlah penduduk sekitar 950.000 orang lebih, tingkat pengangguran sekitar 6,24% atau sama dengan 23.000 orang lebih.

Baca juga  Rugikan Negara, BP2MI dan Kapten Indonesia Sepakat Berantas Mafia Tenaga Kerja

“Kehadiran KAPTEN mencoba menyelesaikan kondisi ini dengan menawarkan kepada Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Kapten Indonesia yang baru dilantik, Sabtu (05 September 2020) di Kota Sorong,” jelas Abdul Rauf.

Abdul Rauf mengatakan DPP KAPTEN Indonesia menawarkan Job Order sekitar 1000 orang perkabupaten kota. Ia pun menantang Pengurus DPW yang baru dilantik mengisi formasi permintaan Negara Malaysia sampai 15.000 orang atau sekitar 1000 Orang lebih setiap kabupaten dan Kota Se-Papua Barat.

“Kami berharap Muhaimin Anhar selaku Ketua terpilih yang baru dilantik menyambut baik dan DPP memberikan tugas untuk segera merilis data-data calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) tersebut,” pungkas Rauf dalam rilis yang dikirim ke suaradewan.com, Minggu (06/09).

Ketua Umum DPP Kapten Indonesia Abdul Rauf saat menyerahkan sk pelantikan kepada Ketua DPW Papua Barat Kapten Indonesia Muhaimin Anhar

Selanjutnya, kata Rauf, DPP KAPTEN Indonesia menawarkan kepada DPW untuk menyiapkan juga tenaga kerja dari daerah lain seperti Singapura, Taiwan, Hongkong, Korea, Jepang bahkan Amerika dan Eropa.

“Tentu sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku setiap negara termasuk menanggung sendiri biaya pra pemberangkatan, namun Khusus Malaysia dengan item pekerjaan seperti konstruksi, Industri, pertanian, perikanan dan perkebunan yang tidak boleh berbayar oleh Calon PMI alias Free,” lanjut Rauf.

Baca juga  Fakta Menarik Papua, Berikut Hasil Audiensi Kapten Indonesia Papua Barat Bersama BLKI Papua
Ketua Komisi 1 DPRD Papua Barat, Abdullah Gazam dari Fraksi PKB saat menyampaikan sambutan pelantikan

Aktivis GP Ansor ini juga menyampaikan pesan kepada pemerintah Papua Barat lewat Legisalator muda Abdullah Gazam untuk mengambil bagian program belajar sambil kerja di Jepang yaitu kursus selama satu tahun. Kemudian kami berikan jalan untuk menjadi pemilik visa kerja dengan gaji diatas 25 Juta/Bulan atau bisa juga melanjutkan Kuliah di kampus-Kampus ternama di Jepang untuk akan diuruskan beasiswanya ketika ingin melanjutkan pendidikan dan dalam waktu dekat akan menghadap dengan Gubernur Papua Barat.

“Hal lain yang disarankan DPP Kapten Indonesia yaitu pengadaan sekretariat, musyawarah wilayah, bentuk dan lantik DPC yang Baru. Selain itu DPW sebaiknya mengangkat potensi lapangan kerja di Papua Barat yang kemudian dijadikan Program Kerja Nasional,” tutur putra kelahiran Gelenge ini.

Diketahui, pelantikan Kapten Indonesia DPW Papua Barat, dihadiri oleh Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Papua Barat, Abdullah Gazam dari Fraksi PKB. Kegiatan pelantikan ini juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak seperti Anggota DPD/MPR RI, M.Sanusi Rahaningmas. (aw)

Reporter: Amir Wata

foto: Muhaimin Anhar

Komentar