oleh

Kalahkan MU di Final Liga Europa, Villareal Jadi Tim Kelima Wakil Spanyol di Liga Champions

SUARADEWAN.com — Klub asal Spanyol Villarreal keluar sebagai juara Liga Europa 2020-2021 usai mengalahkan Manchester United (MU) dengan 22 penalti, yang berlangsung di Gdansk Stadium, Polandia pada Rabu (26/5/2021) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Dilansir BolaSport.com dari laman resmi UEFA, meski menguasai pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 57 persen, namun tetap saja MU pulang dengan tanpa gelar.

banner 1102x704

Keasyikan menekan pertahanan Villarreal di babak pertama, MU justru kebobolan pada menit ke-29 lewat aksi Gerard Moreno.

Berawal dari umpan tendangan free-kick Daniel Parejo, Moreno berduel dengan Victor Lindelof di dalam kotak penalti. Bola tendangan Parejo rupanya mampu mendarat dengan pas di kaki kanan Moreno.

Penyerang asal Spanyol itu pun hanya perlu menyontek bola dan mengecoh De Gea untuk membawa Villarreal unggul 1-0 atas Manchester United.

Manchester United terus berupaya untuk menyamakan kedudukan usai kebobolan oleh gol Moreno namun masih bisa diredam oleh barisan bek Villarreal.

Memaauki babak kedua, MU terus berupaya untuk menyamakan kedudukan usai turun minum dan akhirnya berbuah gol pada menit ke-55 lewat aksi Edinson Cavani.

Berawal dari tendangan voli kaki kanan Marcus Rashford yang sempat diblok sejumlah pemain belakang Villarreal, Cavani memanfaatkan bola yang masih liar di dalam kotak penalti lawan.

Baca Juga:  Final CL: Impian Manchester City Rajai Eropa Pupus di Tangan Chelsea

Rulli, yang sudah salah menebak arah bola, gagal bangkit dengan cepat dan harus melihat gawangnya dibobol oleh tendangan kaki kanan Cavani dari jarak dekat.

Skor 1-1 pun menghiasi akhir babak kedua dan pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Bertanding selama 30 menit dalam dua babak perpanjangan waktu rupanya tidak mampu dimanfaatkan dengan maksimal oleh kedua tim. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Ada 11 eksekutor maju dalam tahap ini. Semua penendang Villarreal menjalankan tugas dengan baik dan David De Gea satu-satunya dari MU yang gagal hingga membuat lawan menang 11-10. Villarreal pun keluar sebagai juara Liga Europa.

Ini menjadi gelar juara Liga Europa pertama untuk Villarreal. Kapal Selam Kuning pun berhak ke Liga Champions musim depan lewat jalur ini, meski di LaLiga finis ketujuh, dan Spanyol punya lima wakil.

Baca Juga:  Trofi Liga Champion Milik Liverpool Dipamerkan di Mall Taman Anggrek Sampai Minggu Besok

Artinya, Spanyol punya lima wakil di Liga Champions musim depan. Sebelumnya ada Atletico Madrid selaku juara LaLiga, diikuti oleh Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Situasi ini juga pernah dialami Spanyol pada Liga Champions 2015/2016. Keberhasilan Sevilla menjadi juara Liga Europa 2014/2015 membuat wakil Spanyol menjadi lima.

“Klub ini sudah pernah bermain di Liga Champions dan kami akan menikmati kompetisi itu. Saya ingin memenangkan Liga Europa, tetapi saya ingin bermain di Liga Champions. Kami akan menikmati momen ini bersama para pendukung kami dan keluarga kami besok,” kata pelatih Villarreal, Unai Emery. (SD/red)

Tonton video pertandingannya di bawah ini:

Komentar

Berita Lainnya