oleh

Kalah 1-0, Skuad Garuda Tetap Memenangkan Hati Rakyat Indonesia

SHAH ALAM, SUARADEWAN.com – Penjaga Gawang Satria Tama Timnas Indonesia akhirnya kebobolan 1-0 dalam pertandingannya melawan Malaysia pada babak semifinal di Stadion  Shah Alam, Sabtu (26/8/2017).

Performa Evan Dimas cs yang melakukan serangan bertubi-tubi tidak membuat gawang Malaysia tersentuh oleh si kulit bundar. Namun sebaliknya,  pada menit ke-87 Satria Tama takluk setelah tak mampu membendung bola tandukan keras Thanabalan Nadarajah yang memanfaatkan sepak pojok.

banner 1280x904

Dengan begitu, peringkat Final yang selama ini masih diidam-idamkan oleh timnas dan seluruh rakyat Indonesia pada cabang olahraga Sepak Bola SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, kembali berpulang dengan hasil yang penuh kekecewaan. 

Manuver penyerang Ezra Walian sebagai ujung tombak yang dilakukan pada menit-menit awal dan terakhir babak pertama masih saja melesat jauh dari mistar gawang. Pun pada babak ke dua Ezra Walian pemain naturalisasi asal Belanda ini berkali-kali memiliki kesempatan mengoceh bola di depan mulut gawang, namun lagi-lagi kandas oleh performa bek Timnas Malaysia.

Meski begitu, Skuad Garuda yang dikomandoi oleh Evan Dimas menampilkan performa yang baik, babak pertama Indonesia tampil menguasai lapangan dengan serangan berkali-kali. Terbukti pada menit ke-63 Evan Dimas berhasil melepaskan tembakan di dalam kotak penalti lawan, lalu tiga menit kemudian giliran Ezra yang memiliki peluang emas. Dia berhasil membawa bola ke dalam kotak penalti lawan. Namun, dia tidak bisa mengecoh pemain lawan sehingga harus kehilangan bola.

Dengan demikian, Malaysia lolos ke final melawan Thailand. Sementara Indonesia memiliki kesempatan meraih medali perunggu saat lawan Myanmar. 

Meski kalah dengan skor 1-0, Garuda Muda ini tetap memenangkan hati rakyat Indonesia. Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengucapkan bangga terhadap Timnas Indonesia yang telah tampil penuh semangat dan energik. Permainannya pun terbilang begitu berkualitas.

“Salut dan hormat untuk perjuangan Garuda Muda. Terima kasih sudah menyatukan Indonesia dalam doa. Kekalahan ini bukan akhir segalanya,” kata Zulkifli Hasan di acara nonton bareng The Jakmania di Dim Sum Inc Kuningan, Sabtu (26/8). (sd)

Komentar