oleh

Jurnalis Pelempar Sepatu ke Mantan Presiden Bush, Maju Caleg DPR Irak

BAGHDAD, SUARADEWAN.com – Masih ingat dengan jurnalis yang melempar sepatu ke Presiden Amerika Serikat (AS) George Bush pada 2008 lalu? Rupanya kini dia mencalonkan diri sebagai anggota parlemen dalam pemilihan umum (pemilu) di Irak.

Dilansir CNN, Kamis (3/5/2018), jurnalis tersebut bernama Muntadhar al-Zaidi. Dia mencalonkan diri menjadi kandidat dalam pemilu parlemen (DPR) di Irak yang akan digelar pada 12 Mei mendatang.

banner 1280x904

Al-Zaidi banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di luar Irak sejak dibebaskan dari penjara tahun 2009. Dia kembali ke Irak sekitar dua bulan lalu dan ikut ambil bagian dalam pemilu.

Baca juga  Berbahayanya Politik ala Modi; Nasionalis Hindu "India Baru"

“Seperti yang Anda ketahui sejak lama, saya akan mendukung orang-orang yang tertindas dan melawan penindas,” kata Al Zaidi dalam sebuah video yang dipostingnya.

Pada tahun 2008 lalu, Al Zaidi melakukan protes dengan melempar sepatu ke Bush saat konferensi pers sedang berlangsung. Dia juga berteriak saat melempar sepatu.

“Kamu membunuh orang Irak!” teriak Al Zaidi saat itu.

Bush kemudian langsung menunduk saat sepatu itu dilempar. Staf keamanan Gedung Putih langsung mengamankan Al Zaidi. Aksi melempar sepatu kepada orang lain merupakan penghinaan dalam budaya Arab. Zaidi dijatuhi hukuman penjara selama 12 bulan atas aksinya itu.

Baca juga  2019; Dilarang Mencintai Spanduk-Spanduk

Zaidi sendiri pernah juga mengalami hal serupa yang dia lakukan ke Bush tersebut, Zaidi dilempari sepatu saat sedang berbicara dalam konferensi pers di Paris, Prancis, Selasa, 1 Desember 2009. si pelempar sepatu adalah seorang jurnalis Irak yang membela kebijakan Amerika Serikat (AS) di Irak. Sebelum melemparkan sepatu, pria itu menuding Zaidi berpihak pada kediktatoran. (tk)

Komentar