oleh

Jokowi Akan Segera Resmikan Pembantalan KA Trans-Sulawesi

MAKASSAR, SUARADEWAN.com – Satu persatu akhirnya, Presiden Jokowi segera mewujudkan janji-janji kampanyennya. Pasalnya, pada Awal Agustus, Jokowi akan meresmikan Pembantalan KA Trans-Sulawesi. Harapan warga Sulawesi yang sekian lama untuk memiliki transportasi umum kereta api akan segera terwujud.

banner 728x419

Pembangunan rel kereta trans-Sulawesi tahap pertama yakni menghubungkan rute Makassar-Parepare. Meski begitu, permasalahan teknis masih terjadi di lapangan. Diantara lainnya adalah masalah pembebasan lahan.

“Masih ada sejumlah titik lahan yang belum terselesaikan pembayaran ganti ruginya kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Masykur A. Sulthan, (26/07).

Menurutnya, masih ada yang belum terbayarkan karena pendataan yang belum akurat di mana pihak bank masih perlu memeriksa kelengkapan surat si pemilik lahan. “Ini tinggal mencocokkan data saja, karena sebagian sudah mendapat rekomendasi juga dari BPN (Badan Pertanahan Nasional dan kepala desa,” terangnya.

Sementara itu, perihal kesiapan pembantalan jalur kereta yang rencananya dilakukan Presiden Joko Widodo pada 4 Agustus mendatang, Masykur mengaku jika sejauh ini persiapan terus dilakukan. “Pada dasarnya, dalam kondisi siap. kalau memang harus pada tanggal 4 Agustus diresmikan pembangunannya, walaupun terkendala dalam pembebasan lahannya, akan tetap dilaksanakan,” ucap,” jelasnya.

Dengan dibangunnya sarana kereta api ini, maka diharapkan dapat mendukung perekonomian di Sulawesi dengan adanya kelancaraan arus barang dan penumpang. Sebelumnya, rencana pembangunan kereta api di Sulawesi ini telah dilakukan sejak lama yakni sejak zaman Hindia Belanda namun belum sempat terlaksana. (SD)

Komentar

Berita Lainnya