Jepang Gelontorkan Dana Rp5 Miliar untuk Korban Gempa Lombok

Jepang Gelontorkan Dana Rp5 Miliar untuk Korban Gempa Lombok

JAKARTA, SUARADEWAN.com -- Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia menggelontorkan bantuan dana kemanusiaan untuk korban gempa

Kunjungi Korban Gempa Lombok, Sandiaga Uno Kucurkan Bantuan Rp 2,3 Miliar
Isu Kristenisasi, Bupati Lombok Barat: Jangan Dompleng Kegiatan Distribusi Bantuan Dengan Maksud Lain
Pengungsi Gempa Lombok Butuh Makanan dan Selimut

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Pemerintah Jepang melalui Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia menggelontorkan bantuan dana kemanusiaan untuk korban gempa Lombok. Bantuan senilai Rp5 miliar diberikan melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

“Total bantuan yang diberikan senilai Rp 5 miliar. Dana kemanusiaan ini bersumber dari pemerintah, parlemen, swasta dan organisasi non-pemerintah,” kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii di Kantor PMI, Jakarta, Kamis (16/8).

Menurut dia, bantuan yang diberikan bakal diprioritaskan untuk penanganan darurat untuk memenuhi kebutuhan dasar para korban gempa, antara lain untuk persediaan air bersih dan kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Masafumi juga menyatakan keprihatinannya atas bencana yang terjadi. Dia berharap, bantuan yang diberikan bisa membantu korban dan meringankan beban mereka.

Baca juga  Kunjungi Korban Gempa Lombok, Sandiaga Uno Kucurkan Bantuan Rp 2,3 Miliar

“Saya turut prihatin atas musibah yang terjadi. Pemerintah Jepang berharap agar kondisi di sana cepat pulih dan masyarakat dapat beraktivitas kembali,” ujarnya.

Dia menekankan, melalui bantuan tersebut, pemerintah Jepang berkomitmen menjaga relasi timbal-balik antara kedua negara.

“Kami akan selalu bersedia membantu Indonesia. Begitu juga dengan Indonesia yang membantu kami kalau ada bencana. Kami juga berdoa agar kondisi di Lombok segera membaik,” pungkasnya.

Wakil Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita mengatakan bantuan yang diberikan bakal diprioritaskan untuk pemenuhan kebutuhan darurat masyarakat seperti air bersih, obat-obatan, dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK). Hingga saat ini, lanjutnya, PMI telah menerima bantuan dari sejumlah negara yakni Jepang, Korea Selatan, dan Tiongkok.

Baca juga  Gempa Bumi Bertenaga 7,2 SR Guncang Meksiko

“Nilainya kalau ditotal sekitar Rp10 miliar bantuan dari beberapa negara yang kami terima,” ujarnya.

Dia menambahkan PMI juga akan membangun kembali sekolah yang rusak parah di Lombok.

“Yang perlu ditangani juga ialah sekolah untuk anak-anak. Kita akan bangun 6 sekolah yakni sekolah dasar yang nanti menjadi model sekolah tahan gempa,” tukasnya. (MI)

COMMENTS

DISQUS: