oleh

Jadi Tuan Rumah Balapan F1, Azerbaijan Siapkan Sirkuit Berpanorama Eksotis

SUARADEWAN.com – 2016 mendatang, Debut Azerbaijan resmi menjadi sebagai tuan rumah balapan Formula 1. Salah satu yang paling ditunggu pembalap untuk menjajal balapan di sana adalah eksotisme sirkuit yang menyuguhkan pemandangan kota kuno khas kota Baku di negara Azerbaijan.

Rencana untuk menggelar balapan di Azerbaijan sejatinya telah muncul pada 2014. Setelah gagal dimulai musim ini, kota Baku dilaporkan telah mempersiapkan pembangunan sirkuit jalan raya sepanjang enam kilometer untuk balapan F1 musim depan.

banner 728x419

Kepala penyelenggara GP Baku, Chingiz Mehdiyev mengatakan pihaknya telah melakukan ground breaking dan siap untuk memulai pembangunan sirkuit eksotis. “Ada beberapa pekerjaan yang perlu dilakukan, lomba akan berada di dalam kota dan kita akan mulai memesan pagar. Sehingga perlombaan kita akan benar-benar siap,” kata Mehdiyev, dikutip News24, Kamis (25/6).

Jika terealisasi sesuai jadwal, GP Baku akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa bagi pembalap dan penonton F1. Pasalnya, Sirkuit 6 km dibangun menyusuri sudut-sudut kota kuno yang memberi kesan balap modern namun dengan latar masa lampau.

Lintasan 6km juga akan menjamah pesisir pantai laut Kaspia. Jika sesi latihan bebas di gelar sore hari, pembalap F1 akan membelah aspal sirkuit sambil merasakan sensasi sunset di pantai itu.

“Perlombaan akan sangat fantastis di sepanjang pantai. Bagian unik lain dari trek adalah di sekitar kota tua, daerah warisan Unesco, dengan bergantian sangat kaku, saya pikir itu akan menjadi sangat menantang untuk driver,” kata Mehdiyev.

Komentar

Berita Lainnya