oleh

I’tiraf Angkat Keindahan Pantai Padang di Videoklip Lagu Terbaru, Sangkakala

PADANG, SUARADEWAN.com – Berada di pesisir barat Sumatra, Kota Padang memiliki Pantai Padang yang indah dan permai, pesona tersendiri bagi Kota Tercinta ini. I’tiraf menjadikannya sebagai salah satu lokasi syuting untuk videoklip lagu terbaru mereka, berjudul Sangkakala yang dirilis pada Rabu 10 Juni 2020 di IslamicTunesCloud.

Grup musik I’tiraf berasal dari Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, memiliki empat personal; M.R. Harry Susanto (vokal), Andi (vokal), Athma Arihan (gitar), Zikri Azwar (perkusi), dan Ilham Khalid (additional vocal).

banner 1280x904

Athma Arihan saat kami wawancarai pada Rabu (10/6/2020) melalui akun Whatsapp-nya, ia mengatakan, “Pantai Padang merupakan destinasi wisata utama bagi Kota Padang. Kami jadikan sebagai salah satu lokasi syuting videoklip lagu terbaru kami, Sangkakala, sebagai bentuk partisipasi kami dalam mempromosikan objek wisata daerah yang ada di kota kami.”

Grup musik I’tiraf saat tampil di Gedung Kantor Gubernur Sumatera Barat. (Dok. Istimewa)

“Lagu Sangkakala bercerita tentang peristiwa pada hari kiamat, agar kita selaku umat manusia meyakini akan adanya hari akhir, karena dunia bersifat sementara,” kata Athma.

Baca juga  Jangan Kaget Bila Rusia Masa Kini Adalah Sebuah Negeri Muslim

Seperti dikatakan juga oleh Athma, lagu Sangkakala ditulis oleh Andi, terinspirasi pada saat hijrah dan bergabung dengan Remaja Masjid Syukur, saat mulai mendalami pelajaran agama, hingga meyakini bahwa kiamat itu pasti akan terjadi. Lagu ini aransemen musiknya dibuat oleh I’tiraf bersama Allan, diproduksi pada studio musik  DELLAN Studio.

I’tiraf didirikan oleh Harry Susanto, Andi,  Athma Arihan, dan Firman, pada tahun 2000, berawal dari aktivitas mereka sebagai Remaja Masjid Syukur, dan mengenal seni islami dari karya lagu kumpulan nasyid Raihan, hingga terinspirasi untuk ikut membangun grup nasyid.

Personil Grup musik I’tiraf: M.R. Harry Susanto (vokal), Andi (vokal), Athma Arihan (gitar), Zikri Azwar (perkusi), dan Ilham Khalid (additional vocal)

20 tahun eksistensi I’tiraf di dunia nasyid telah melahirkan beberapa karya lagu. Album pertama mereka dirilis Tahun 2013, dengan judul Pengakuan, berisi 7 lagu nasyid dan 1 takbiran. Album ke dua dirilis Tahun 2014, berjudul Laa Tahzan, berisi 8 lagu nasyid. Selain lagu Sangkakala, pada tahun 2020 ini juga telah merilis lagu Berbagi Untuk Kita.

Baca juga  Umat Islam Indonesia Gelar Aksi 115 'Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis'

Beberapa prestasi pernah diraih I’tiraf, iatu; Best Music Aransement pada Festival Nasyid Se-Sumatera 2001 di UIN Imam Bonjol, Juara ke-2 Festival Nasyid Tingkat Sumatera Barat yang diadakan oleh Radio Arbes dan Sunsilk pada Tahun 2004. I’tiraf pernah tampil 2 kali di acara walimahan Gubernur Sumatera Barat, juga di Plaza Andalas bersama Ustadz Solmed. Selain itu, juga pernah tampil ekslusif pada tahun 2013 bersama Gubernur Sumatera Barat selama bulan Ramadhan, mengisi salah satu program acara PadangTV. Juga pernah tampil di RRI Pro 2, dan  TVRI Sumatera Barat.

“I’tiraf sebagai nama grup kami memiliki makna pengakuan, pengakuan dosa seorang hamba kepada Tuhannya. Terinspirasi dari lagu milik kumpulan nasyid Raihan. Kami  ingin berdakwah untuk menyebarkan syiar Islam dalam syair,” kata Athma.

Videoklip lagu Sangkakala dari I’tiraf ada di link berikut ini;

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

Komentar