oleh

IPW Beri Sinyal Pengganti Kapolri Idham Azis

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyatakan bahwa Kapolri Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun akhir Januari 2021.

Oleh karena itu, Neta memprediksi akan ada mutasi besar-besaran di internal Polri jelang pergantian pucuk pimpinan Korps Bhayangkara tersebut.

banner 1280x904

Dalam analisis Neta, akan ada setidaknya dua inspektur jenderal (irjen) di Polri yang bakal naik pangkat menjadi komisaris jenderal (komjen).

“Para perwira yang naik menjadi bintang tiga itu dipastikan akan masuk dalam bursa calon Kapolri untuk menggantikan Idham Azis,” kata Neta, Kamis (12/11).

Mantan wartawan itu menambahkan, perwira tinggi (pati) Polri yang segera memasuki masa pensiun bukan hanya Idham.

“Sedikitnya ada 30 jenderal yang akan pensiun menjelang suksesi Kapolri pada Januari mendatang,” jelasnya.

Penulis buku Jangan Bosan Kritik Polisi itu menjelaskan, para petinggi Polri itu ada yang memasuki masa pensiun pada November dan Desember tahun ini, serta Januari 2021.  Neta memerinci, para pati Polri yang segera memasuki masa pensiun itu terdiri dari tiga komjen, delapan irjen, dan 19 brigjen.

Baca juga  Dikritik DPR Tentang Darurat Sipil, Kapolri: Kepentingan Masyarakat Adalah Hukum Tertinggi

Adapun dari Akpol 1987 ada satu jenderal yang segera memasuki masa pensiun. Pangkat terakhirnya ialah brigjen.

Adapun Idham merupakan alumnus Akpol 1988. Hanya ada teman satu angkatan Idham di Akpol yang akan segera memasuki masa pensiun, yakni Brigjen Ahmad Fachruzzaman.

Lebih lanjut Neta mengatakan, pada 1 Desember mendatang ada tiga komjen yang memasuki masa pensiun.

Ketiga pati Polri itu ialah Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko, Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Komjen Antam Novambar, dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Didid Widjanardi.

“Dengan adanya tiga komjen yang pensiun berarti akan ada tiga perwira Polri yang berpangkat irjen akan naik menjadi komjen,” kata Neta.

Baca juga  Bareskrim Polri Tuntaskan 2 Kasus Besar di 100 Hari Kinerja Kapolri Idham Aziz

Pemerhati kepolisian itu memprediksi dua irjen yang segera naik menjadi komjen ialah Nana Sudjana (Kapolda Metro Jaya), Ahmad Luthfi (Kapolda Jawa Tengah), dan M Fadil (Kapolda Jawa Timur).

Namun jika Polri jadi menaikkan pangkat Dankor Brimob dari bintang dua menjadi tiga, peluangnya masuk bursa calon Kapolri pun terbuka lebar.

Menurut Neta, hal itu akan membuat bursa calon Kapolri pengganti Idham Azis makin riuh.

“Yang pasti sebelum pensiun 30 Januari 2021, Kapolri Idham Azis masih akan diuji lagi dengan dua event besar, yakni pengamanan Pilkada Serentak 9 Desember dan momen Natal serta Tahun Baru 2021,” pungkas Neta. (jpnn/red)

Komentar