oleh

Insiden Bendera Terbalik, Menpora Protes dan Menunggu Permintaan Maaf

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memprotes pihak penyelenggara SEA Games 2017 akibat gambar bendera Indonesia yang terbalik dalam buku panduan Pelaksanaan SEA Games di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/08).

Cetakan tersebut berada dalam halaman 80 yang dibagikan pada pejabat negara yang hadir di pembukaan SEA Games 2017. Gambar Bendera Indonesia yang semestinya Merah-Putih, terbalik menjadi Putih-Merah.

banner 1280x904

“Saya kira ini sangat teledor. Ceroboh sekali. Saya kira hal ini yang mencerai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang,” kata Menpora Imam Nahrawi sambil menunjukkan Cetakan bendera Indonesia.

Menurut Imam, insiden ini akan ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi ke sejumlah lembaga negara.Ia juga mengatakan akan melakukan protes dan menunggu permintaan maaf dari pemerintah Malaysia.

Baca juga  Bendera RI Terbalik, Presiden: Malaysia Harus Minta Maaf Tapi Tak Usah Dibesar-Besarkan

“Protes jelas akan kami lakukan. Kami juga menunggu permintaan maaf secara langsung dari pemerintah Malaysia. Masak acara besar dan istimewa harus ternoda dengan ini,” kata Menpora.

Insiden bendera terbalik pada buku panduan SEA Games 2017 ini, buruknya, hanya terjadi pada Bendera Indonesia saja. Padahal dalam panduan buku itu, menunjukkan acara bergensi seperti ini, dibawah gambar bendera tersebut terpampang jelas tahun tuan rumah yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011.

Mempertimbangkan untuk mengajukan protes resmi, Imam kini akan melakukan koordinasi dengan Menko PMK Puan Maharani, Wakapolri Komjen Syafruddin, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana untuk menentukan langkah yang akan diambil. Seluruh tokoh ini hadir di acara pembukaan.

“Tentu kami akan koordinasi dengan bu Menko, ada pak Wakapolri juga, pak Menteri Hukum dan HAM, ada pak duta besar,” tuntas Imam. (aw/te)

Komentar