oleh

Inilah Sejumlah TPS Unik di Pilkada 2018, Dari Piala Dunia Hingga Horor

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Beragam tema di Tempat Pemungutan Suara (TPS) menyemarakkan Pilkada serentak yang dilaksanakan pada Rabu (27/6). Mulai dari TPS terapung di Kalimantan Timur hingga TPS di tengah pemakaman umum. Berikut kami rangkum lima TPS unik bertema menarik.

1. TPS bertema Piala Dunia

banner 1280x904

Momen semarak Piala Dunia 2018 dimanfaatkan oleh warga Kebonsari, Jambangan, Surabaya, serta TPS 33 Karangmenjangan 1 Kel. Mojo – Kec. Gubeng, Surabaya untuk mendekorasi TPS dengan atribut Piala Dunia. Bendera dari berbagai negera berkibar di atap gedung TPS. Tak hanya itu, panitia TPS juga mengenakan kostum-kostum tim sepak bola favorit.

2. Panitia TPS mengenakan baju pewayangan

Ada yang unik di TPS 09 Jalan Darmorejo 3 Balai RT 11 Kelurahan Darmo Kecamatan Wonokromo. Panitia penyelenggara mengenakan pakaian adat pewayangan seperti Semar, Gareng, Petruk dan Bagong saat bertugas di TPS. Pembukaan acara juga dibuka dengan tarian daerah.

Warga yang datang terlihat antusias menyoblos dan menyaksikan pertunjukan seni saat menyoblos.

3. Petugas TPS mengenakan pakaian adat Jawa 

Tak kalah menarik, di TPS 11 Sono Kwijenan, Surabaya, para panitianya mengenakan pakaian adat khas Jawa seperi kebaya dan beskap juga blangkon demi memeriahkan Pilkada 2018. Ornamen dan hiasan warna-warni juga menghiasi TPS.

4. TPS bertema horor

Warga Kelurahan Randusari, Semarang Selatan menyelenggarakan pesta demokrasi di tengah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bergota. Melansir dari Antara, konsep horor dan seram sengaja digunakan agar terlihat unik dan menarik.

“Konsepnya memang suasana horor, serem gitu, supaya kelihatan unik,” kata Krisyanto Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 7 Semarang pada Selasa (26/6).

TPS 07 bertema horor di Randusari, Semarang. (Foto: Ricad Saka/kumparan)

Selain itu, dekorasi horor dipilih karena lokasi pemukiman warga yang terletak di tengah areal pemakaman. Bahkan, panitia yang bertugas juga memakai pakaian bertema horor seperti pocong dan simbol hantu lainnya.

“Di sini, termasuk TPS paling unik. Kami kemarin dapat informasi ada TPS unik yang ada di tengah ‘sarean’ atau makam, yakni TPU Bergota. Kami ke sini untuk meninjau ternyata betul unik,” kata Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat mengunjungi TPS tersebut.

5. TPS Asian Games di Kota Palembang

Komentar