oleh

Ini Profil Andi Taufan Garuda Putra, Stafsus Milenial Presiden Yang Bikin Blunder

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi), Andi Taufan Garuda Putra dikabarkan telah meminta maaf terkait surat berkop Sekretariat Kabinet kepada camat di seluruh Indonesia agar mendukung relawan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) dalam menangani penyebaran Covid-19.

Lantas, siapakah sosok Andi Taufan Garuda Putra ini?

Andi Taufan Garuda Putra merupakan pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) perusahaan teknologi finansial peer-to-peer landing bernama PT Amartha Mikro Fintek. Pria kelahiran Jakarta, 24 Januari 1987 ini mendirikan Amartha pada tahun 2010.

Andi Taufan adalah seorang sarjana Manajemen Bisnis Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia melanjutkan pendidikan hingga memperoleh gelar Master of Public Adminstration dari Harvard University pada 2016.

Selepas menyelesaikan pendidikan sarjana, Taufan bekerja sebagai konsultan bisnis untuk IBM Global Business Services selama dua tahun. Namun, ia melihat banyak masyarakat Indonesia kesulitan untuk mendapatkan akses finansial.

Baca juga  Menteri Muda di Kabinet Jokowi, Pengamat: Jangan Latah

Taufan lalu keluar dari pekerjaannya pada 2009 dan mendirikan perusahaan Amartha setahun kemudian. Keinginannya kala itu adalah memberikan akses keuangan kepada masyarakat desa, terutama yang terlilit hutang rentenir.

Awal dari usahanya ini ia jalankan di sekitaran Ciseeng, Bogor. Di sini banyak masyarakat kelas bawah yang tak tersentuh lembaga keuangan modern yaitu bank. Taufan mempunyai tujuan membantu golongan menengah ke bawah di daerah Ciseeng agar terbebas dari renternir melalui pinjaman online.

Staf Khusus Milenial Presiden Jokowi

Selesai studi di Harvard, Taufan lalu mengubah Amartha dari lembaga keuangan mikro konvensional menjadi peer-to-peer lending. Cara ini membuatnya berhasil menghubungkan investor dengan pengusaha mikro di pedesaan yang membutuhkan pendanaan. Amartha juga menerapkan pendekatan syariah atau bagi hasil.

Baca juga  Cerita Mengikuti Pelatihan Jurnalistik Ala Kartu Prakerja

 

Andi Taufan Garuda Putra telah banyak mendapatkan penghargaan bergengsi. Mulai dari Finalis Indonesia MDGs Awards, Finalis IPA Social Innovations and Enterpreneurship (Solve) Award, Penerima SATU Indonesia Award, Finalis Global Enterpreneurship Program Indonesia (GEPI), dan Penerima Ashoka Young Change Makers Awards dan Muda Berkarya.

Tahun 2019 Andi Taufan Garuda Putra dipilih sebagai Stafsus Presiden karena dianggap memiliki kepedulian di bidang bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM). (we)

Komentar