Ini Dia Dua Hijabers di Video Klip Terbaru Maroon5 Bareng Gal Gadot

Ini Dia Dua Hijabers di Video Klip Terbaru Maroon5 Bareng Gal Gadot

Pro Kontra Atlet Berhijab, Atlit Dunia Berhijab ini Tunjukkan Prestasi
Cantiknya Selebriti Tanah Air Dalam Balutan Jilbab
Defia Rosmaniar, Hijaber Peraih Emas Pertama Buat Indonesia di Asian Games 2018

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Band populer asal Amerika Serikat, Maroon 5 baru saja merilis video klip terbarunya hari Kamis (31/05/2018). Hampir setiap video klip terbaru band tersebut mencuri perhatian penggemarnya di berbagai belahan dunia.

Tapi, video klip lagu berjudul ‘Girl Like You’ itu menarik perhatian umat muslim. Pasalnya, terlihat dua wanita berhijab muncul dalam beberapa detik. Mereka adalah Amani Al-Khatahtbeh founder media Muslilm Girl dan Ilhan Omar yang merupakan perempuan pertama yang menjadi legislator di Amerika Serikat.

Meski kedua hijabers itu muncul hanya dalam beberapa detik, penampilan keduanya langsung menjadi pembicaraan hangat. Jika dilihat dari sejarah video klip yang dibuat Maroon 5, baru kali ini ia berani menampilkan wanita berhijab.

Video klip ‘Girls Like You’ yang merupakan kolaborasi Maroon 5 dan Cardi B itu disebut-sebut sebagai sebuah penghargaan untuk wanita inspiratif di dunia. Selain dua hijabers Amani dan Omar, ada lebih dari 20 wanita ditampilkan.

Para wanita yang muncul dianggap memiliki kontribusi yang besar di bidangnya. Beberapa di antaranya merupakan atlit pemenang medali olimpiade seperti Aly Raisman dan Chloe Kim. Ada pula Youtuber dan aktris Franchesca Ramsey.

Penampilan Gal Gadot dan Jennifer Lopez di video klip itu juga tak kalah mencuri perhatian. Dalam beberapa jam saja, video klip Maroon 5 berhasil mencuri perhatian dunia. Berbagai media besar dunia memuji ide video klip tersebut.

Isu perbedaan suku, ras, dan agama memang sedang hangat diperbincangkan. Maroon 5 tampaknya cukup berani mengangkat isu tersebut. Ia pun tak segan menampilkan wanita dari berbagai ras dan memiliki jenis kulit dan rambut yang berbeda pada video klip tersebut.

Ini Dia Dua Hijabers yang muncul di Video Klip Terbaru Maroon5 tersebut:

Amani Al-Khatahtbeh

Amani Al-Khatahtbeh

Amani Al-Khatahtbeh mendirikan Muslim Girl, sebuah media yang dimaksudkan menormalkan kata “Muslim,” menempatkan narasi perempuan Muslim, dan meningkatkan tempat perempuan Muslim dalam masyarakat.

Muslim Girl meluncurkan Hari Wanita Muslim yang merupakan ide Al-Khatahtbeh. Kendati ia berhasil membuat itu viral melalui kemitraan dengan berbagai organisasi media, tetapi itu hanya salah satu inisiatif visibilitas yang diperjuangkan Al-Khatahtbeh. Pada 2016, ia juga menerbitkan sebuah memoar, Muslim Girl: A Coming of Age. Dalam situs portal pribadinya terus-menerus menampilkan perempuan Muslim yang naik daun.

Ilhan Omar

Ilhan Omar

Ilhan Omar dulunya adalah seorang pengungsi, namun kini ia menjadi wanita muslim pertama yang menjadi legislator di Amerika Serikat. Bahkan wajah Ilhan pun muncul di cover majalah TIME sebagai bagian dari daftar wanita pertama yang ikut mengubah dunia. Ilhan sendiri menjadi legislator mewakili negara bagian Minnesota dari partai Democratic-Farmer-Labor. Selain itu, Ilhan juga merupakan Direktur Kebijakan dan Inisiatif dari Women Organizing Womn Network.

Wanita kelahiran 1982 ini lahir di Mogadishu dan besar di Baydhabo, Somalia. Bungsu dari 7 bersaudara ini menghabiskan empat tahun di kamp pengungsian di Kenya. Di tahun 1995, ia dan keluarganya pun memutuskan bermigrasi ke Amerika Serikat.

Mendapatkan pendidikan yang layak hingga akhirnya bisa berkuliah di jurusan Ilmu Politik dan Internasional membuatnya semakin percaya diri untuk terjun di dunia politik. Ilhan memulai karier profesionalnya sebagai seorang Community Nutrition Educator bersama dengan University of Minnesota.

Mencoba peruntungan dengan terjun menjadi tim sukses kampanye Andrew Johnson hingga sempat mengalami penyerangan selama berkecimpung di dunia politik tak membuat ilhan menyerah. Hingga September 2015, ia menjadi Direktur Kebijakan & Inisiatif di salah satu asosiasi untuk mendukung perempuan dari Afrika untuk mengambil peran kepemimpinan sipil dan politik.

Di tahun 2016, Ilhan mengajukan dirinya sebagai kandidat legislatif untuk Dewan Perwakilan Minnesota. Perjalanannya menjadi seorang legislator pun ternyata tak mulus, Ilhan banyak mengalami hambatan. Namun pada November 2016, Ilhan akhirnya memenangkan pemilihan dan menjadi legislator Somalia-Amerika serta beragama Islam pertama di Amerika Serikat. Wanita ini secara resmi memulai jabatannya di Gedung Parlemen Minnesota pada tanggal 3 Januari 2017 lalu. (sd)

Tonton Videonya:

COMMENTS