oleh

Indonesia Juara Kasus Terbanyak Corona di Asia Timur

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Indonesia pada Sabtu menyalip China sebagai negara dengan kasus virus corona terkonfirmasi yang terbesar di Asia Timur dengan 84.882 kasus, dan pihak berwenang mengatakan tingkat infeksi susungguhnya bisa lebih tinggi karena kasus yang tidak terdeteksi.

Data dari gugus tugas COVID-19 di negara itu menunjukkan 1.752 infeksi corona baru pada Sabtu dan 59 kematian, yang menjadikan jumlah total kematian terkait corona menjadi 4.016.

banner 1280x640

China, tempat kasus pertama corona dilaporkan akhir tahun lalu, telah melaporkan 83.644 kasus pada Jumat, dengan 4.634 kematian.

Baca Juga:  Anggota DPR Iran Meninggal Dunia Akibat Virus Corona

“Ada kemungkinan kasus positif yang tidak terdeteksi tanpa gejala,” kata juru bicara gugus tugas Achmad Yurianto. Ia menambahkan bahwa pihak berwenang akan terus memprioritaskan pelacakan kontak.

Epidemiolog telah mengkritik pemerintah karena menerapkan pembatasan yang lebih longgar daripada negara tetangganya untuk mengendalikan pandemi dan untuk cakupan pengujian yang terbatas.

Beberapa pembatasan dilonggarkan pada awal Juni, bahkan ketika kasus terus meningkat, untuk memungkinkan dimulainya kembali beberapa kegiatan ekonomi.

Baca Juga:  Tantangan Pilkada di Tengah Pandemi; Cakada sampai KPU RI Positif Corona

Gubernur Jakarta Anies Baswedan minggu ini menunda pelonggaran pembatasan lebih lanjut, termasuk menunda pembukaan kembali bioskop. Ibukota melaporkan 346 kasus baru pada Sabtu, peningkatan harian tertinggi, dengan delapan kematian baru.

Provinsi terpadat di negara itu, Jawa Barat, akan mulai mendenda orang-orang yang tidak mengenakan masker di tempat-tempat umum mulai 27 Juli, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan di Twitter. (reuters)

Komentar

Berita Lainnya