oleh

Hasil Pleno KPU DKI: Pilgub DKI Dipastikan Berlangsung Dua Putaran

Ketua KPU DKI Sumarno

JAKARTA,SUARADEWAN.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum DKI (KPU DKI) Sumarno memastikan Pilgub DKI 2017 akan berlangsung dua putaran. Kepastian ini diperoleh setelah rekapitulasi hasil pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta selesai dilakukan, pada Minggu (26/2/17).

Dari hasil yang diumumkan dalam rapat pleno penghitungan suara Pilkada DKI 2017, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, siang tadi, tidak ada satu pasangan calon (Paslon) meraih hasil di atas 50 persen suara.

banner 728x419

Sesuai Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintah Daerah DKI Jakarta, putaran kedua akan dilakukan jika tidak tidak ada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang memperoleh suara lebih dari 50%.

“Tidak ada satu pun dari pasangan calon yang memiliki suara lebih dari 50%. Sehingga berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintah Daerah DKI Jakarta, maka jika tidak ada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang meraih di atas 50%, maka dilanjutkan pemungutan suara putaran kedua,” Papar Ketua KPU DKI, Sumarno di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (26/2/17).

KPU DKI mengumumkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot) berada di posisi pertama, disusul paslon nomor tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi), dan posi terakhri paslon nomor satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi).

Ahok-Djarot memperoleh 2.364.577 suara (42,99 persen), Anies-Sandi 2.197.333 suara (39,95 persen), dan Agus-Sylvi dengan jumlah suara 937.955 (17,05 persen).

Terkait pelaksanaan putaran kedua Pilgub DKI nanti, Sumarno mengakui pihaknya tengah menyusun regulasinya.

KPU DKI juga akan melibatkan sejumlah pihak yang terkait untuk menguji regulasi yang akan digunakan oleh penyelenggara dalam menyelenggarakan tahapan pilkada putaran kedua nanti.

“Kami akan mengundang seluruh tim paslon, parpol dan kelompok masyarakat untuk uji publik sampai kami akan menetapkan regulasi putaran kedua,” tutup Sumarno. (DD)

Komentar

Berita Lainnya