HaKI Sumsel Menjadi Garda Terdepan Menjaga Pelestarian Hutan

HaKI Sumsel Menjadi Garda Terdepan Menjaga Pelestarian Hutan

Rabu Depan Warga DKI Jakarta Dapat Jatah Libur
Perluas Gerakan, Struktur Definitif Aliansi Bela Garuda Dikukuhkan
PDIP Kab Paser: “Tidak Muluk-Muluk, Kita Target Menang Saja,”

SUMSEL, SUARADEWAN.com – Ketua dewan pembina Hutan Kita Intitute (HaKI) Dedi Permana, mengatakan bahwa HaKI adalah organisasi lingkungan hidup yang bertujuan untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga pelestarian dan perlindungan ekosistem hutan.

Seyogyanya, HAKI juga turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong akses kelolah masyarakat terhadap Sumber Daya Alam(SDA) sehingga juga tercipta pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Wilayah kerja HaKI yang meliputi 8 kabupaten/kota di Sumsel yaitu kota pagar alam, kab.Muara Enim, Lahat, Muba, Banyuasin, Musi Rawas, Ogan komering ilir, dan Musi rawas utara.

“Kedelapan wilayah kerja Haki ini Ingin mewujudkan 1 juta hektar wilayah kelolah masyarakat di Sumsel yang saat ini sedang terjadi ketimpangan penguasaan hutan di Sumsel, yakni 97 berbanding 3 antara perusahaan besar dan masyarakat lebih dari 699 berada didalam atau disekitar kawasan hutan,” ujar Dedi Permana saat di Sumsel, Rabu (24/04/2019).

Lanjutnya lagi menjelaskan, sementara kemiskinan mendominasi di pedesaan saat ini, dimana koperasi HaKI membawahi kelompok tani di Sumsel yang berjumlah kurang lebih 14.000 orang yang terdiri dari kelompok tani madu, kopi, sayur mayur dan lain sebagainya yang tersebar di 8 daerah operasi HaKI.

“Adapun kegiatan utama HaKI saat ini adalah sebagai fasilitas perhutanan sosial yaitu fasilitas tentang percepatan ijin perhutanan sosial di Sumsel dan pemetaan potensi WKM di Sumsel, penguatan ekonomi masyarakat yaitu pembuatan demplot diwilayah HD study serta pengembangan produk dan potensi pasar diwilayah HKM dan HD,” paparnya

Begitu juga HaKI bekerjasama dengan pembentukan koperasi induk bagi masyarakat pengelolah perhutanan sosial di Sumsel dan sharing knowledge yaitu festival produk perhutanan sosial di Sumsel semiloka dengan pembentukan penyusunan rencana kelompok kerja (pokja) Percepatan Perhutanan Sosial (PPS) dan sosialisasi aturan tentang kebijakan perhutanan sosial dengan roadshow ke kabupaten tentang pokja PPS diwilayah Hutan Desa (HD) dan Hutan Kemasyarakatan (HKm) potensial se-Sumsel.

Terkait pemilu 2019 wilayah Sumsel berjalan aman dan damai dan tidak ada kejadian bentrok massa atau ancaman, intimidasi dan sebagainya saat pasca pelaksanaan pemilu, HaKI pun akan tetap fokus dengan program kerjanya dan mengajak kepada anggota dan kelompok tani untuk beraktifitas seperti biasanya serta senantiasa menjaga dan mendukung kamtibmas yang agar suasana kondusif bersama olehPolri diwilayah sumse. (b)

COMMENTS