Gubernur DKI Anies Baswedan Serahkan Pengelolaan 3 Pulau Reklamasi ke PT Jakpro

Gubernur DKI Anies Baswedan Serahkan Pengelolaan 3 Pulau Reklamasi ke PT Jakpro

Media Asing: Kekalahan Ahok adalah Kemenangan Umat Islam Konservatif Indonesia
Klarifikasi Ratna Sarumpaet dan Dukungan untuk Anies Baswedan
Goenawan Mohamad; Rasanya Tidak Adil Kalau Nama Anies di Laporkan ke KPK

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan pengelolaan tiga pulau reklamasi yang sudah terbangun kepada badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta yakni PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Tiga pulau yang sudah jadi itu adalah Pulau C, Pulau D, dan Pulau G.

Anies telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2018 tentang penugasan kepada PT Jakpro dalam pengelolaan tanah hasil reklamasi pantai utara Jakarta. Pergub tersebut diteken Anies pada 9 November dan diundangkan pada 16 November.

Baca juga  Politikus PDIP: Anies Fokus Saja Benahi Jakarta, Tak Usah Maju Pilpres

“Kami menugaskan kepada salah satu BUMD, yaitu Jakpro untuk mengelola lahan yang nanti akan digunakan,” kata Anies di Jakarta Timur, Jumat (23/11).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan pengelolaan Pulau Reklamasi ke PT Jakpro

Dalam pasal 2 Pergub 120 tahun 2018 dijelaskan PT Jakpro berhak mengelola lahan kontribusi sesuai dengan panduan rancangan kota. Selain itu, PT Jakrpro juga diperbolehkan melakukan kerja sama pengelolaan sarana, prasarana, dan fasilitas umum lainnya pada pemegang izin pelaksanaan reklamasi kepada Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga  ‘Tweet Jahat’ ala Anies-Sandi

Nantinya, Jakpro akan lebih dulu menyusun rencana tata kelola yang kemudian dipresentasikan kepada Pemprov DKI sebelum akhirnya disetujui.

“Baru habis itu kami putuskan kegiatan apa di pulau reklamasi,” ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tak memberikan penjelasan secara rinci soal alasan dipilihnya Jakpro untuk mengelola pulau reklamasi. Ia hanya menyebut pemilihan Jakpro dikarenakan BUMD tersebut dinilai paling relevan.

“Dari sisi relevansi, paling relevan,” kata Anies. (cnn)

COMMENTS