oleh

Gempa Bumi Bertenaga 7,2 SR Guncang Meksiko

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Gempa bumi bertenaga 7,2 Skala Richter (SR) mengguncang Meksiko. Gempa ini membuat kerusakan ringan terhadap sejumlah gedung di wilayah Oaxaca, Meksiko bagian selatan.

Seperti diberitakan Reuters dan AFP, Sabtu (17/2), titik gempa berada di lokasi 37 kilometer timur laut Pinotepa de Don Luis, Oaxaca, atau dekat dengan resort peselancar di pantai Pasifik. Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat pusat ada di kedalaman 24,6 kilometer dari permukaan Bumi. Gempa ini dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

banner 1102x704

Baik ibu kota Mexico City maupun wilayah Meksiko bagian selatan masih dalam perbaikan pasca gempa kuat yang memicu kerusakan luas pada September 2017 lalu. Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan ‘protokol telah diaktifkan’ pasca gempa kuat ini terjadi.

Belum ada laporan korban jiwa akibat dampak gempa terbaru yang mengguncang pada Jumat (16/2) waktu setempat ini. Menteri Dalam Negeri Meksiko, Alfonso Navarrete.

Foto-foto yang diunggah media memperlihatkan batu bata dan reruntuhan jatuh dari gedung-gedung. Produk-produk di supermarket setempat juga terlihat berjatuhan dari raknya. Getaran gempa ini dirasakan hingga ke wilayah Guatemala, yang ada di selatan Meksiko.

Di Mexico City, gedung-gedung bertingkat bergoyang selama lebih dari semenit akibat gempa ini. Alarm peringatan gempa berbunyi. Dilaporkan beberapa gedung tua di wilayah Condesa mengalami keretakan kecil usai gempa mengguncang. Pepohonan, kabel listrik dan mobil-mobil juga bergoyang saat gempa melanda.

Warga setempat yang panik berlarian keluar gedung dan berkumpul di jalanan. Mereka masih trauma dengan dua gempa besar yang mengguncang pada September 2017 dan menewaskan total 465 orang.

“Jujur saja, kami semua sedikit kesal. Kami mulai menangis setiap kali alarm (gempa) berbunyi. Kami stress, kami teringat (gempa) sebelumnya. Jadi kami berlari keluar ke jalanan. Hanya itu yang bisa kami lakukan,” tutur Kevin Valladolid (38) yang tinggal di La Roma, Mexico City.

Julia Hernandez menyebut getaran gempa yang dirasakannya membuat dirinya seperti di dalam kapal laut. “Apakah ini akan berhenti?” ucapnya. “Kami hidup dalam ketakutan, dengan kenangan atas apa yang terjadi sebelumnya,” timpa putri Hernandez. (af)

Baca Juga:  Kunjungi Korban Gempa Lombok, Sandiaga Uno Kucurkan Bantuan Rp 2,3 Miliar
Baca Juga:  Mensos: Seluruh Rumah Rusak Akibat Gempa di Lombok akan Dibangun

Komentar

Berita Lainnya