oleh

Eks Direktur Penyidikan KPK Panca Putra Jadi Kapolda Sulawesi Utara

MANADO, SUARADEWAN.com — Irjen Pol Royke Lumowa yang menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara per Senin (3/8) resmi dimutasi oleh Mabes Polri menjadi Analisis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.

Lumowa akan digantikan Irjen Pol RZ Panca Putra S yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri.

banner 1280x904

Mutasi jabatan Kapolda Sulawesi Utara ini sendiri tertuang dalam Surat Telegram 2247 VIII KEP.2020 yang diterima Irjen Pol Royke Lumowa sendiri sebenarnya baru dilantik sebagai Kapolda Sulawesi Utara pada 2 Februari 2020 lalu.

Irjen Pol Royke Lumowa

Enam bulan bertugas, Lumowa melakukan beberapa terobosan penting di wilayah ini. Salah satu yang paling berhasil adalah pembentukan Tim Maleo Polda Sulut yang hingga saat ini menjadi garda terdepan penangkapan dan pengungkapan kasus yang dilaporkan oleh masyarakat.

Baca juga  Polisi ini Sampai Marah dan Nangis, Bendera Tauhid diduduki Demonstran BelaTauhid

Tim Maleo sendiri terbentuk pada bulan Maret atau sebulan setelah Lumowa menjabat sebagai Kapolda Sulut.

Tak hanya itu, Lumowa juga menorehkan sejarah dengan mengubah logo dari Polda Sulawesi Utara pada awal Juli lalu. Dirinya mengubah logo dengan menggantinya menjadi lambang kelapa dengan tulisan Maesa’an Waya yang berasal dari bahasa Minahasa dengan arti Bersatu Semua, Semua Bersatu yang juga mengandung spirit Bhineka Tunggal Ika.

Baca juga  Polisi Agendakan Pemanggilan Kedua untuk Tommy Soeharto Terkait Kasus Makar

Sementara itu, Irjen Pol R.Z. Panca Putra S adalah lulusan Akpol tahun 1990 yang berpengalaman dalam bidang reserse. Pernah menjabat sebagai Kapolres Banyumas dan Kapolres Tegal serta Dirreskrimsus Polda Kalimantan Tengah.

Selain itu, pada tahun 2018 lalu, dirinya juga pernah menjabat sebagai Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di masa kepemimpinan Agus Rahardjo. (mb)

Komentar