oleh

Ekonom: Dampak Ledakan di Makassar Relatif Kecil ke Pemulihan Ekonomi Nasional

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Ekonom sekaligus Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Tauhid Ahmad menyebut bahwa peristiwa ledakan di Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3) pagi ini tidak berdampak besar pada pemulihan ekonomi Indonesia.

“Tapi memang dampaknya saya lihat masih relatif kecil sekali, karena situasi sekarang itu proses pemulihan itu belum banyak investasi besar yang masuk, jadi runningnya masih dititik negatif ke nol, jadi dampaknya masih kecil sekali,” kata Tauhid kepada Liputan6.com, Minggu (28/3).

banner 1102x704

Namun, tetap saja kejadian tersebut akan memunculkan persepsi yang cukup mengganggu bagi Sulawesi Selatan. Menurut Tauhid, jika penanganan peristiwa ledakan itu tidak ditangani dengan baik maka akan menimbulkan persepsi negatif kepada Pemda nya.

Baca Juga:  Tarif Baru PPN Sebesar 12%, Kadin: Kenaikan Harga Barang Tak Bisa Dihindari

“Jadi menurut saya ini pengaruhnya hanya di tingkat lokal, beda kalau misalnya terjadi di Ibu Kota ataupun di kota-kota strategis di Jawa, nah itu yang pengaruhnya besar. Karena ini hanya terjadi di Sulawesi Selatan jadi saya kira dampaknya hanya lokal saja,” jelasnya.

Sementara untuk sisi investasi menurut dia pengaruhnya tidak langsung. Dampaknya bisa dilihat setelah kasus ini ditangani dengan baik oleh Pemerintah dan Kepolisian. Jika tertangani dengan baik maka pengaruhnya kecil.

Sebaliknya, jika kejadian serupa terjadi lagi di daerah tersebut maka hal itu akan menjadi masalah yang cukup berpengaruh terhadap ekonomi.

“Karena kalau sekali terjadi belum terlihat dampaknya, kalau terjadi dua kali berarti kita kecolongan dua kali, berarti Pemerintah tidak mampu menghadapi persoalan mengenai hal itu. Dengan demikian belum kelihatan dampaknya dalam hitungan angka-angka,” katanya.

Baca Juga:  Mengapa Ekonomi Sekarang Beda dengan 1998, Ini Penjelasan Bank Indonesia

Tauhid menyebut saat ini keadaan perekonomian di tengah pandemi covid-19 tahun 2021 dalam keadaan yang kondusif. Tentunya peristiwa bom meledak di Makassar itu mengejutkan banyak pihak, ternyata Indonesia masih menyisakan bibit masalah terorisme yang belum terselesaikan. (Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar

Berita Lainnya