oleh

Dunia Hiburan dan Skandal Prostitusi di Era Media Sosial

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Penangkapan seorang artis FTV berinisial HH di Medan, Sumatera Utara diduga terkait prostitusi menghebohkan dunia maya. Bukan berita baru lagi jika profesi artis kerap dikaitkan dengan dunia prostitusi. Ada apa di balik gemerlap dunia hiburan?

Kesuksesan seringkali datang dengan cepat dan memudar sama cepatnya pada para artis di belahan dunia manapun. Hal ini membuat keuangan para artis kilat itu tak bertahan lama.

Pakar Rob Cooper menyebut, ketenaran para artis yang cepat surut membuat mereka terpancing di dunia pelacuran. Apalagi, bagi para artis yang tak mampu membentuk ciri khas tersendiri di dunia hiburan.

Baca juga  Psikolog: Tak Cuma Artis, Kelompok-kelompok Ini Juga Rentan Terjerumus Prostitusi Online

“Pekerjaan mulai surut untuk banyak bintang yang gagal membangun identitas individu untuk diri mereka sendiri, menghasilkan ribuan artis namun tidak ada cukup pekerjaan untuk mereka semua,” ujarnya dikutip dari laman Mirror, Senin 13 Juli 2020.

Ilustrasi Prostitusi

Rob menuturkan, era saat ini memungkinkan banyak orang menjadi tenar dan viral dengan mudah. Sementara, para bintang yang terlihat tak lagi menarik, harus tersingkir oleh para wajah baru.

“Sebaliknya, banyak wajah terkenal yang diam-diam beralih ke sisi yang lebih gelap untuk menghasilkan uang yang bisa tetap menjadi rahasia,” katanya.

Biasanya, para artis tak serta merta menerima ajakan untuk berhubungan seks. Hal itu dimulai dengan hadiah dan limpahan uang dari para pengagum lalu beralih ke tunjangan bulanan.

Baca juga  Pekan Ini Anggota DPR dan Keluarga Tes Corona, Melanie Subono: Rakyat Didulukan!

Rob menjelaskan, kondisi ini dikenal sebagai dominasi finansial. Kondisi ini menggambarkan bagaimana pria tertentu mendapatkan ‘kesenangan seksual’ dari membuat wanita bergantung pada mereka secara finansial. Dan ketenaran yang meredup membuat mereka rentan terhadap eksploitasi seksual.

“Begitu mereka membangun kepercayaan itu, permintaan meningkat untuk kesempatan bertemu dan juga membentuk hubungan seksual, banyak bintang merasa mereka tidak punya pilihan dan menjalaninya,” jelas Rob. (red) – sumber: 

Komentar