oleh

Dua Keluarga Asal Jambi Berangkat ke Suriah, Diduga Terpapar Faham Radikal

banner-300x250

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Dua keluarga asal Provinsi Jambi diduga terlibat dengan kelompok radikal di Suriah. Mereka pun kabarnya sempat berangkat ke Suriah melalui Pulau Kalimantan seperti yang diakui oleh Ketua Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Provinsi Jambi Lukman Jafri.

“Ada dua keluarga dan semuanya warga Sabak, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi. Mereka ini ada berangkat ke Syuriah pada akhir tahun lalu,” ujar Lukman, Sabtu (22/4/17).

Lukman mengaku bahwa kedua keluarga tersebut nekat berangkat ke Suriah karena terpengaruh paham radikal yang didapat dari media sosial. Namun dirinya enggan menyebut identitas kedua keluarga yang dimaksud. “Tanya saja kepada pihak Polda Jambi, lengkap semua datanya” imbuhnya.

Adapaun darii keterangan peneliti dari dari Yayasan Prasasti Perdamaian Jakarta, Siti Darajatul Aliah mengatakan kedua keluarga tersebut, ketahuan petugas di Turki saat akan menuju Suriah. “Kejadiannya pada akhir tahun lalu,” imbuhnya.

Kedua keluarga asal Jambi tersebut, jelas Siti sudah dikembalikan ke daerah asalnya melalaui Depsos Jambi. “Karena masih belum terlibat, keduanya dipulangkan. Kecuali sudah terlibat jauh ke Suriah,” pungkasnya. (DD)