oleh

DPR RI Dorong Indonesia Punya Satelit Sendiri

Asril Hamzah Tanjung (Anggota DPR RI/ Fraksi P-Gerindra)

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Asril Hamzah mendorong Indonesia punya satelit sendiri supaya kerahasiaan informasi pertahanan dan keamanan negara terjaga.

Komisi I pun menggelar rapat dengar pendapat dengan Kementrian Pertahanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Keuangan untuk segera mewujudkannya.

banner 728x419

“Kita kebut pertemuan RDP termasuk dengan Sekjen Kemenkeu,” kata Asril di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9).

Dia menuturkan, pihak Kemenkeu sudah bersedia menganggarkan 699 juta dolar AS untuk pengadaan satelit baru tersebut. “Nah kemaren dimulai dari 800 juta AS sekarang berakhir dengan 699 juta AS. Itu saja sudah mendekati sekitar Rp 8 T. Nah itu kita evaluasi. Itu anggaran yang diserahkan karena saat ini negeri lagi kekurangan pemasukan,” ucapnya.

Menurutnya, satelit BRI Sat memang murah, tapi untuk pertahanan idealnya harus lebih muktahir. Menurut rencana, satelit produksi Air Bus yang akan dibeli. “Operatornya nanti Kemhan, apakah TNI atau siapa pokoknya Kemhan yang mengoperasikan agar pengisian anur failing ini model kita sehingga rahasia terjaga agar tidak disadap negara luar,” pungkasnya (SD)

Komentar

Berita Lainnya