oleh

DPR RI Ajak Masyarakat Indonesia Gotong Royong Lawan Covid-19

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mengajak masyarakat mematuhi aturan Pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19. Pemerintah pun juga diminta untuk memenuhi kebutuhan warga, selain juga perlu ada gotong royong antar masyarakat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang pendapatannya berkurang karena dampak Covid 19.

“Saya kira masyarakat harus disiplin untuk bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah sebagai upaya kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun, Pemerintah, baik pusat maupun daerah, harus segera memenuhi kebutuhan dasar warga masyarakat yang terkena dampak sosial ekonomi dari Covid 19,” ujar Ace dalam rilisnya, Senin, (27/4/2020).

banner 1280x904

Ace juga mengajak warga turut berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 secara gotong royong. Hal itu dapat dilakukan dalam sebuah komunitas terkecil di masyarakat. Selain itu, tentu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang terkena dampak Covid-19 perlu mendapatkan dukungan sepenuhnya dari seluruh masyarakat.

Baca juga  Anggota Komisi III DPR Sebut Penusukan 2 Anggota Brimob Tindakan Biadab

“Kita harus menghidupkan kembali semangat gotong royong dan solidaritas sosial melalui komunitas warga pada lingkungan terkecil di masyarakat seperti RT atau kampung untuk saling membantu jika ada di antara warga yang kekurangan kebutuhan pokok,” lanjut Ace.

Langkah tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya konflik di masyarakat akibat dampak Covid-19. Saat ini, Covid-19 memberi dampak nyata terhadap kehidupan warga. Banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan dan pendapatan. Itulah sebabnya, masyarakat mengalami tekanan ekonomi.

Baca juga  Covid-19 dan Ragam Kebijakan Wajib Masker

“Dengan demikian, kemungkinan potensi adanya konflik sosial dalam masyarakat dapat diantisipasi dengan sebaik-baiknya. Saya sangat percaya, pada dasarnya masyarakat Indonesia memiliki daya tahan modal sosial yang tinggi di saat menghadapi tekanan sosial ekonomi akibat berbagai masalah yang kita hadapi saat ini. Kita harus optimis bahwa kita mampu menghadapi Covid-19 dengan modal sosial yang kuat dalam masyarakat kita,” pungkas Ace. (hs/es)

Komentar