oleh

Diresmikan Jokowi, Tol Manado-Bitung Jadi Yang Terpanjang di Sulawesi

MANADO, SUARADEWAN.com — Dari Istana Merdeka Selasa (29/9) sore, Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi), meresmikan pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu di Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam kesempatan tersebut Jokowi bersyukur, Jalan-Tol Manado Bitung, Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 Kilometer telah rampung dibangun dan dapat digunakan oleh masyarakat Sulut. Untuk menunjang kegiatan usaha dan memperlancar arus transportasi.

banner 1280x904

“Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai dibangun akan menjadi 40 Kilometer. Gerbang tol hanya 9 kilometer atau sekira 12 menit dari Bandara Samrat. Sangat dekat sekali. Sehingga semua masyarakat Manado yang ingin ke Bitung hanya menempuh waktu kurang dari setengah jam,” katanya.

Jokowi mengakui, Sulut merupakan daerah yang memiliki banyak potensi ekonomi. Baik industri, pertanian, perkebunan, perikanan dan juga pariwisata.

“Pengembangan potensi tersebut membutuhkan dukungan infrastruktur, termasuk Jalan Tol Manado-Bitung. Tol ini pun dibangun terintegrasi dengan kawasan industri dan juga pariwisata yang ada di Sulut. Sudah pasti akan mempercepat dan menekan biaya logistik yang ada,” katanya, sembari mengharapkan, pariwisata di Sulut bisa berkembang lebih baik dengan tersambungnya ruas jalan tersebut.

Baca juga  Ketua DPP PDI Puan Buka Kemungkinan Duet Jokowi-Prabowo di Pilpres 2019

“Nantinya adalah tugas Gubernur untuk memajukan perekonomian Sulut dengan berbagai macam potensi yang dimiliki. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu saya resmikan,” ucap Jokowi disambut gembira seluruh peserta virtual.

Sementara itu, Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono menambahkan, saat ini di Sulut telah dilakukan pembangunan berbagai macam infrastrukutur untuk mendukung pariwisata. Karena, lanjutnya, Manado-Likupang menjadi salah satu kawasan strategi pariwsata nasional.

Mulai dari, jalan akses Manado-Likupang, penataan kawasan Likupang, penataan kawasan Bunaken, penataan kawasan pantai Malalayang, pembangunan 463 home stay, jembatan marinsow, penambahan kapasitas air minum di Malalayang, pembangunan TPA dan pembangunan lainnya.

Baca juga  Jokowi Dinilai Mampu Mencairkan "Kekakuan" Istana

Dia menjelaskan Jalan Tol Manado-Bitung dengan panjang 40 kilometer merupakan yang terpanjang di Pulau Sulawesi saat ini, setelah 2008, sebelummya ruas tol di kawasan industri Makassar dioperasikan, dengan panjang 11,5 kilo meter.

“Nilai investasi 5,12 triliun. Konstruksi pada ruas jalan Manado-Airmadidi sepanjang 15 KM didanai oleh APBN kementrian PUPR, sedangkan air mandidi bitung sepanjang 25 Kilometer dilaksanakan oleh PT Jasa Marga. Sehingga tol Manado- Bitung ini dilakukan dengan skema kerja sama antara pemeintah dan badan usaha,” jelasnya.

“Terima kasih pada seluruh kementrian lembaga, pemerintah daerah, kontraktor, masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung pembangunan ini,” tutupnya. (mp/jp)

Komentar