oleh

Dinilai Berhasil, PBB Adopsi Resolusi Arab Saudi Tangani Covid-19

NEWYORK, SUARADEWAN.com — Sidang Umum PBB pada akhir pekan lalu mengadopsi resolusi yang ditawarkan arab saudi untuk melawan pandemi Covid-19. Saudi menekankan pentingnya langkah global terkoordinasi agar virus dari China itu segera diatasi.

Draft resolusi diadopsi oleh mayoritas peserta sidang yang memuji usaha Saudi. Saudi dipandang mampu menjadi contoh negara yang mampu melawan Covid-19 sambil membantu negara berkembang tanpa pandang bulu.

banner 1280x904

“Pandemi ini merusak dunia dan menyebabkan satu juta kematian dalam 9 bulan serta menginfeksi 28 juta orang di seluruh dunia,” kata Duta Besar Saudi untuk PBB, Abdallah Al-Mouallimi dilansir dari Arab News pada Senin (14/9).

Baca juga  Bamsoet Donasikan Tiga Bulan Gajinya Sebagai Ketua MPR Bantu Penanganan Corona

Al-Mouallimi menegaskan pandemi ini telah mengancam keamanan internasional, mengganggu sendi ekonomi sekaligus menginterupsi semua aspek manusia. Apalagi penyakit Covid-19 tak pandang bulu menyerang pria, perempuan, tua, muda. “Pandemi ini membuat orang terpaksa terkekang dan isolasi akibat kekhawatiran terinfeksi virus berbahaya,” ujar Al-Mouallimi.

Al-Mouallimi mengungkapkan hikmah pandemi ini membuat manusia sadar kerentanannya. Kemudian masing-masing negara menjadi peduli pentingnya kerjasama dan saling dukung terlepas dari perbedaan.

Baca juga  Pekan Ini Anggota DPR dan Keluarga Tes Corona, Melanie Subono: Rakyat Didulukan!

Al-Mouallimi mencontohkan saat pandemi awal terjadi, Saudi lekas bekerjasama dengan Mesir. Kemudian kerjasama berlanjut dengan Bahrain, Kanada, Irak, Yordania, Lebanon, Maroko, Omam, Singapura, Uni Emirat Arab. “Kita perlu kerja bersama secara terkoordinasi untuk melawan ancaman ini,” tegas Al-Mouallimi. (ihram)

Komentar