Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, Ikut Ramaikan IBT Expo di Surabaya

Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, Ikut Ramaikan IBT Expo di Surabaya

Dirut Bank Mandiri Yakin Rupiah Lekas Stabil
Lentera Digital Global Kembangkan Inovasi Digital Payment dengan Teknologi Blokchain
Proyek Pembangunan Apartement Bintaro Embarcadero Diduga Belum Mengantongi Izin

SURABAYA, SUARADEWAN.com – Pameran Indonesia Bagian Timur (IBT) kembali menunjukkan kebolehannya setelah menggelar Pameran IBT Expo ke dua kalinya yang sebelumnya juga digelar di Garden Palace Hotel Surabaya.

Dengan mengusung tema “Perdagangan dan Investasi Indonesia Bagian Timur di Era Milenial,” General Manager Garden Palace Hotel sekaligus sebagai Ketua Panitia IBT Expo 2018, Harry Darmawan mengungkapkan Indonesia Bagian Timur (IBT) Expo 2018 kali ini akan menggandeng beberapa daerah baru dari kawasan Indonesia Timur.

“IBT Expo Tahun 2018 ini diharapkann mampu mewujudkan sinergi yang baik antara pihak penyelenggara yaitu IBT Center dengan pemerintah setempat baik itu Kementerian dan Pemerintah Provinsi NTT dan Jawa Timur untuk bersama-sama memajukan produk unggulan dalam negeri,” jelas Harry Darmawan saat Press Conference di Garden Palace Hotel Surabaya, pada Rabu (24/10).

Harry Darmawan menambahkan, apa yang sudah pihaknya siapkan ini semoga mampu menjadi ajang pertukaran informasi, promosi pariwisata, serta menghadirkan transaksi perdagangan dengan nilai investasi dan kontrak kerjasama yang diharapkan oleh semua pihak.

“Berbagai ragam acara menarik kami persiapkan guna mensukseskan tujuan bersama dalam rangka memberi kesempatan bagi pelaku bisnis dan stakeholder terkait untuk memperluas jaringan, memperkenalkan produk unggulannya dalam rangka memperkuat potensi perdagangan, investasi dan pariwisata khususnya di Kawasan Timur Indonesia,” terangnya.

Keterangan : Dari kiri ke kanan Perwakilan Duta Belanda (Pegang gelas Kopi Toraja), Andi Aldiana Kepala Bidang Promosi Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, Abd Wahab Hasyim Owner Glosoft Group membawakan CV. Karya Kearifan Lokal, Hadi Basalamah (Kecamata dan pakai Syal) Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, Duta IBT mempromosikan Golla ta, Miss International 2018, Radiah Kepala Seksi Promosi dalam Negeri Dinas Perdagangan Sulsel, Nur Lela owner Cantika Collection.

Dalam kesempatan tersebut, produk-produk asal Sulawesi Selatan juga membanjiri IBT Expo kali ini. Melalui Dinas Perdagangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sejumlah produk hasil dari industri kreatif yang digagas oleh anak-anak muda Makassar juga ikut menunjukkan kebolehannya.

Baca juga  Dirut Bank Mandiri Yakin Rupiah Lekas Stabil

Salah satu produk yang diberi nama “Gollata” tampil memberi warna yang berbeda. Produk hasil olahan produk asli masyarakat Sulawesi Selatan dibawah naungan CV. Karya Kearifan Lokal menjadi produk ungggulan kali ini.

Baca juga  Pelaku Usaha Keluhkan Inkonsistensi Regulasi Fintech, DPR akan Panggil OJK

Abdul Wahab, Direktur CV. Karya Kearifan Lokal mengungkapkan bahwa selain menampilkan “Gollata,” juga menampilkan produk lain seperti Minyak Kuda yang berfungsi mengobati luka bakar. Selain itu ada beberapa produk lainnya dari pelaku UMKM Makassar, seperti Kain Tenun Khas Sulsel atau biasa disebut “Lipa Sabbe.

“Selama IBT Expo berlangsung, setidaknya Sulawesi Selatan telah melakukan sebanyak 32.000.000.000 dari transaksi dari 63.000.000.000,” pungkas Abdul Wahab kepada redaksi, Surabaya (02/10).

Adapun, acara yang diselenggarakan pada 30 Oktober hingga 4 November 2018 di Garden Palace Hotel Surabaya, IBT Expo ini juga menggelar festival kopi, demo pembuatan tenun, forum bisnis, seminar dan talkshow, demo masak IBT food, delicacies, craft dan tarian, peragaan busana lBT tenun dan batik nusantara. Ada juga gelar lomba dan kontes, antara lain pemilihan duta putra dan putri lBT, lomba fotografi lBT dan acara hiburan lainnya.

Expo menghadirkan pebisnis dari dalam maupun luar negeri. Sejumlah potential buyers dari dalam negeri maupun luar negeri akan hadir dalam expo berjuluk Expo IBT 2016 itu dengan target 5.000 pengunjung. IBT Center merupakan sebuah sentra promosi perda gangan, spesial bagi produk-produk dari kawasan timur lndonesia.

IBT Center yang bermarkas di Surabaya ini dibentuk dan dirancang sebagai representasi produk-produk kawasan timur Indonesia memasuki pasar nasional maupun global. Tujuannya untuk mendongkrak pergerakan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi di wilayah timur Indonesia, mulai dari provinsi, kabupaten/kota, hingga desa dan pesisir. (aw)

COMMENTS