oleh

Diduga Korsleting, Pasar Jatinegara Terbakar

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Si jago merah kembali lagi melalap sebuah toko perabotan rumah tangga di kawasan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Si jago merah berhasil diluluhkan usai petugas pemadam kebakaran beraksi selama kurang lebih 45 menit.

“Yang terbakar ini Toko Saudara. Di dalamnya berisi peralatan dapur, ada juga plastik dan sterofoam,” sahut Perwira Piket Sudin Damkar Jakarta Timur Sutaryo di lokasi, Kamis (24/3/2016).

banner 728x419

Api muncul di permukaan took tersebut sekitar pukul 17.30 WIB. Selanjutnya petugas pemadam berhasil memulihkan sekitar pukul 18.15 WIB.

Sutaryo mengatakan, kedatangan api tersebut diperkirakan karena adanya korsleting listrik. Sebab, toko peralatan dapur tersebut sedang ditinggal oleh pemiliknya.

Api dapat dipadamkan setelah dikerahkan sebanyak 25 unit mobil pemadam kebakaran. Dalam pemadaman ini, Sudin Damkar Jaktim juga dibantu Sudin lainnya.

“Dari Sudin Damkar Jaktim kami kerahkan sebanyak 20 unit mobil. Kemudian kita mendapatkan bantuan dari Sudin Damkar Jakarta Selatan sebanyak 3 unit, dan dari Pusat sebanya 2 unit,” sahut Sutaryo.

Menurut Sutaryo, tak ditemukan kendala yang signifikan dalam proses pemadaman api tersebut. Hanya saja, petugas sedikit kesulitan dalam mencapai titik api. Hal itu disebabkan, karena sasaran api berada di tengah bangunan.

Dalam pemadaman ini, petugas memberikan strategi agar api tidak merambat menuju toko lain. Petugas memadamkan dari 3 titik yang ada.

“Api tidak menyambar karena kita menyiasatinya dengan memblokirnya. Kita ada di 3 penjuru, dari bawah, atas dan belakang. Sehingga api berhasil dicegah untuk menyambar,” sahutnya.

Dalam kebakaran ini, belum dapat diprediksi kerugian materiil took tersebut. Beruntung saja, tak ditemukan korban jiwa.

“Untuk bangunan saja kira-kira 100 juta rupiah. Tapi untuk materi di dalam yang terbakar, saya tanya tadi belum bisa diprediksi,” ucapnya.

Satu ruas Jalan Matraman Raya ke arah Kampung Melayu sempat ditutup untuk memudahkan mobil pemadam kebakaran masuk ke lokasi titik api. Saat berita ini ditulis, jalan tersebut sudah dibuka, serta arus lalu lintas terpantau lancar. (NH)

Komentar

Berita Lainnya