oleh

Datangi Markas FPI, Komisi I Ingatkan Kedubes Jerman Gunakan Etika Diplomasi

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin menyesalkan staf Kedutaan Besar (Kedubes) Jerman yang sempat mendatangi markas Front Pembela Islam (FPI) di kawasan Jalan Petamburan, Jakarta Pusat. Hasanuddin menilai, seharusnya Jerman bisa menghormati dan beretika dalam hubungan diplomasi dengan Indonesia.

“Kedubes Jerman semestinya tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri. Karena itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mesti melayangkan protes keras terhadap Jerman. Itu etika berdiplomasi secara sopan dan beretika,” ujar Hasanuddin dalam siaran persnya, Senin (21/12/2020).

banner 728x419

Untuk itu, politisi Fraksi PDI Perjuangan ini mengapresiasi sikap Kemlu RI yang langsung memanggil Kepala Perwakilan Kedubes Jerman di Jakarta guna meminta klarifikasi atas tindakannya tersebut. Menurutnya, Kemlu RI juga harus menuntut Kedubes Jerman untuk memberikan pernyataan resmi kepada publik.

Baca Juga:  Selain Tak Bedakan Saf, Perempuan Juga Boleh Jadi Imam di Masjid Muslim Liberal Ibn Rushd-Goethe

“Kedubes Jerman sudah menjelaskan tidak ada dukungan terhadap ormas tertentu dan berkomitmen untuk bersama melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian. Namun, harus ditekankan tindakan Kedubes itu harus dikoordinasikan dengan Kementerian terkait. Jangan sampai ada udang di balik batu,” tandasnya.

Baca Juga:  Surplus Listrik, Negara Ini Rela Bayar Warganya Untuk Memakai Listrik

Sebelumnya, perwakilan Kedubes Jerman diketahui mendatangi Sekretariat DPP FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Kamis (17/12/2020) lalu. Kedatangan perwakilan Kedubes Jerman tersebut diberitakan dalam rangka silaturahmi. Kedubes Jerman pun sudah meminta maaf terkait hal itu. (parlementaria)

Komentar

Berita Lainnya