oleh

Cek Kesiapan Pengawas, Bawaslu Sulut Gelar Supervisi ke Jajaran Panwas Se-Bolmut

MANADO, SUARADEWAN.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan supervisi penguatan kapasitas jajaran pengawas di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Kegiatan supervisi yang berlangsung selama tiga hari Kamis-Sabtu (16-18/7/2020) itu, dimaksudkan untuk mengecek kesiapan 107 Pengawas Kelurahan/ Desa (PKD) dan Panwascam se-Bolmut.

banner 1280x904

“Saat ini kan tahapan sudah masuk pada Pencoklitan. Agar tugas-tugas jajaran PKD ini terlaksana dengan baik, maka secara berjenjang Panwascam wajib melakukan supervisi kepada petugas PKD. Bahkan bila perlu sama-sama melakukan tugas pengawasan ini,” ujar Supriadi Pangellu Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara di Manado, (20/7).

Kegiatan supervisi yang dimulai dari Kecamatan Sangkup dan berakhir di Kecamatan Pinogaluman yang berbatasan langsung dengan Provinsi Gorontalo. Supriyadi memberikan penguatan terhadap tugas-tugas Pengawas Pemilu dalam melaksanakan pengawasan pada tahapan Pencocokan Data dan Penelitian (Coklit) yang saat ini sedang dilakukan PPDP (Petugas Pemutahiran Data Pemilih).

Baca juga  Inilah 10 Daerah Paling Rawan Ketidaknetralan ASN di Pilkada 2020
Supriadi Pangellu (tengah) di Perbatasan Provinsi Sulut-Gorontalo dalam rangka supervisi ke jajaran panwa se-Bolmut

Tak hanya tugas Pengawas Desa/ Kelurahan, Panwaslu di 6 kecamatan se-Bolmut juga diminta untuk melaksanakan tugas sesuai dengan regulasi dan aturan perundang-undangan. Serti memberikan penegasan kepada petugas PKD agar benar-benar jeli dan teliti disertai bukti valid untuk mengoreksi atau memberi masukan kepada petugas PPDP.

“Jika ada hal yang janggal dan tak sesuai dengan ketentuan, silahkan petugas PPDP memberikan masukan kepada petugas PPDP. Kalau pun ada hal yang tak dimengerti, Pengawas Desa/ Kelurahan wajib berkonsultasi kepada Panwas Kecataman. Jangan gegabah dengan informasi atau dengan data yang tak falid. Karena jika kita salah melangkah dalam melaksanakan tugas, pastinya akan berdampak tidak baik juga dalam integritas tugas pengawas pemilu,” tegas Pangellu yang juga mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Kepulauan Talaud ini.

Baca juga  Pertama di Sulut, Pemkot Tomohon Gandeng Bawaslu Awasi Netralitas ASN

Supriadi juga tak lupa mengingatkan jajarannya untuk tetap mawas dan berjaga-jaga dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengawas pemilu di tengah Pandemi Covid-19.

“Tetap mengikuti protap kesehatan seperti menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan. Dalam melaksanakan tugas, saya minta tetap kedepankan protap kesehatan. Sehingga tugas tetap jalan, kesehatan kita pun terjamin,” tutup Supriadi. (red)

Komentar