oleh

Cabor Pencak Silat Sapu Bersih, Indonesia Panen 8 Medali Emas Dalam Sehari

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Pundi-pundi medali emas Indonesia dari pencak silat Asian Games 2018 mengalir deras, total 8 Medali Emas berhasil disumbangkan yang berarti Indonesia berhasil menyapu bersih emas cabor silat hari ini.

Dengan hasil ini, Indonesia menambah perolehan 8 emas lagi pada ajang Asian Games 2018  hingga Senin (27/8) malam ini. Total 20 emas sudah dikoleksi Merah Putih sejauh ini.

banner 1280x904

Berkat koleksi emas tersebut, Indonesia kembali naik ke posisi keempat. Merah Putih mampu menggeser Iran yang sebelumnya bercokol di peringkat keempat dengan 17 Emas.

Cabang olahraga pencak silat menjadi penyumbang terbanyak emas Indonesia per Senin (27/8). Cabor tersebut mampu panen delapan emas pada pertandingan yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah.

1. Puspa Arumsari

Puspa Arumsari meraih emas pada cabang Pencak Silat nomor seni tunggal putri Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018) pagi WIB.

Emas tersebut diraih Puspa Arumsari setelah mengungguli Nurzuhairah Mohammad Yazid dari Singapura dan Cherry May Regalado asal Filipina yang secara berurutan meraih perak dan perunggu.

Puspa menjadi Srikandi Indonesia keenam yang menyumbangkan Medali Emas di ajang Asian Games 2018 ini. Setelah sebelumnya ada Defia Rosmaniar (Taekwondo), Lindswell Kwok (Wushu), Tiara Andini Prastika (Balap Sepeda Gunung), Aries Susanti Rahayu (Panjat Tebing), serta Aldila Sudiaji (Tenis Ganda Campuran).

2. Yola Primadona-Hendy

Yola Primadona Jampil dan Hendy meraih emas pada cabang Pencak Silat nomor seni Pasangan Putra Asian Games 2018. Mereka meraih poin tertinggi pada perlombaan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Baca juga  Srikandi Peraih Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018 (2)

Mereka mengoleksi 580 poin, tertinggi dibandingkan enam finalis lain. Peraih medali perak dan perunggu adalah pasangan Vietnam (562 poin) dan Malaysia (560) yang punya poin sama dengan Thailand.

3. Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani, Anggi Faisal Mubarok

Pencak silat penyumbang medali terbanyak untuk Indonesia di Asian Games 2018

Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani, Anggi Faisal Mubarok menyabet medali emas Asian Games 2018 dari nomor seni beregu putra.

Mereka bertiga mengumpulkan 465 poin pada laga final, unggul atas Vietnam yang mengemas 450 poin dan Thaland yang meraih 448 poin.

4. Aji Bangkit Pamungkas

Aji Bangkit Pamungkas meraih emas ke-16 Indonesia di Asian Games 2018, Aji turun di nomor Tarung Putra Kelas I (85kg – 90kg) di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018).

Aji Bangkit Pamungkas meraih medali tersebut setelah menang 5-0 atas pesilat Singapura Sheik Ferdous Sheik Alauddin dalam partai perebutan medali emas.

5. Komang Harik Adi Putra

Komang Harik Adi Putra meraih emas lewat cabor pencak silat nomor tarung putra kelas 65-70 kg. Bertanding di Padepokan Pencak Silat, TMII, Senin (27/8/2018).

Komang Harik Adi Putra dinyatakan menang teknik atas Mohd Jamari dari Malaysia. Jamari mundur beberapa saat sebelum pertarungan selesai.

6. Iqbal Candra Pratama

Baca juga  Jalin Kerjasama, Hotel Desa Wisata Siap Jadi Hunian Atlet Asian Games 2018

Iqbal Candra Pratama meraih emas usai menumbangkan Nguyen Ngoc Toan pada babak final tarung Kelas D Putra 60kg – 65kg..

Iqbal yang tampil lebih cerdik berhasil menang telak 4-1 atas Nguyen. Kendati baru 22 tahun, Iqbal tampil percaya diri di hadapan publik Indonesia. Ini menjadi emas keenam Indonesia yang diperoleh dari cabang pencak silat.

7. Sarah Tria Monita

Sarah turun di nomor tarung putri kelas 55kg-60kg. Dia berhadapan dengan Laos Nong Oy Vongphakdy di Padepokan Pencak Silat, Jakarta Timur, Senin (27/8/2018).

Sarah tanpa kesulitan menghadapi Nong Oy. Dia menang telak 5-0 dalam pertarungan tiga ronde. Sarah Tria Monita menjadi Srikandi Indonesia ketujuh yang menyumbangkan Medali Emas di ajang Asian Games 2018 ini menyusul Puspa Arumsari.

8. Abdul Malik

 Abdul Malik meraih medali emas kedelapan dari pencak silat Asian Games 2018. Abdul Malik mengalahkan wakil Malaysia, Muhammad Faizul, 5-0.

Bertarung di Padepokan Pencak Silat, Jakarta Timur, Senin (27/8/2018), Malik tanpa kesulitan menghadapi Faizul yang merupakan wakil dari Malaysia.

Malik menang 5-0 dalam pertarungan tiga ronde. Dalam beberapa kesempatan, Faizul sempat mendapat poin minus dari dua juror.

Dengan keberhasilan Malik, pencak silat untuk hari ini merebut medali emas sebanyak delapan buah atau sapu bersih semua nomor yang dipertandingkan hari ini. (sd)

Komentar