oleh

Bombana Swab Test Massal, Ini Penjelasan Sembuh dari Covid-19

BOMBANA, SUARADEWAN.com — Ikhtiar menyelesaikan persoalan pendemi covid-19 di bombana terus digalakkan oleh satuan tugas penanagan covid-19 Kabupaten Bombana dengan cepat dan terukur.

Hal tersebut dilakukan oleh Satuan Tugas Penanaganan Covid-19 Kabupaten Bombana dengan cara melakukan swab test secara massal di beberapa kecamatan.

banner 1280x904

Untuk sebaran kecamatan diantaranya Lantari Jaya 7, Mataoleo 30, Poleang 2, Kabaena Timur 9, Kabaena Utara 24, Poleang Utara 15, Poleang Tengah 5 Orang, Poleang Selatan 16, Poleang Utara 22, Rarowatu 18, Rumbia Tengah 65, Rumbia 25 Orang dengan total 238 orang.

Suasana Swab test massal di Bombana

Dari penjelasan Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kabupaten bombana Heriyanto, S.KM mengungkapkan bahwa swab massal yang dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 Bombana merupakan swab massal pertama di sultra.

Baca juga  Asprodem Minta Bupati Bombana Aspal Jalan Desa Lantawonua

“238 orang ini kontak positif dengan kluster KM dorolonda dan kluster magetan serta KM Ngapulu jumlah 238 Orang di swab di bombana cukup besar merupakan swab pertama kali dilakukan secara massal oleh pemerintah daerah kabupaten bombana”. ucapnya di Bombana ( 21/5/2020).

Lanjut Jubir, Hasil swab akan di kirim ke makassar untuk diuji hasilnya PCR, karena kalau di kendari hanya mengunakan CTM”

Suasana Swab test massal di Bombana

Heriyanto juga menginformasikan bahwa hasil swab nanti akan diuji pertama lalu kemudian diuji lagi kedua kali namun secara berturut dua kali (2 hari) untuk memastikan bahwa orang tersebut sembuh dari covid-19.

Baca juga  PT. Jhonlin Tak Hadir RDP di DPRD Sultra, Aliansi Sipil Pro Demokrasi Bombana Kecewa

“Hitungannya sejak pertama uji sampel, lalu kita menghitung selama 14 hari ke depan, setelah 14 hari kita mengambil sampel lagi tapi secara berturut turut (dua kali ) dalam dua hari” ucapannya

Ia juga mengatakan bahwa jika hasil swab pertama dan kedua negatif, maka ia dinyatakan sembuh. jika hasilnya positif swab pertama dan negatif pada uji kedua maka dinyatakan belum sembuh dan akan di uji swab lagi selama 14 hari kemudian untuk dilakukan lagi uji swab selanjutnya. tutup mantan legislatif bombana. (asb)

Komentar