Biar Tidak Bokek Saat Rupiah Melemah, Lakukan 3 Hal Ini

Biar Tidak Bokek Saat Rupiah Melemah, Lakukan 3 Hal Ini

KPK Bantu Pulihkan Keuangan Negara Dengan Uang Hasil Korupsi
Ekonom: Rupiah Melemah Paling Hancur
Kurs Rupiah Terus Melemah, Sentuh Rp 14.370 per Dolar AS

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah nyaris menyentuh Rp 14 ribu per dolar Amerika Serikat (AS). Pelemahan rupiah ini membuat pemerintah dan BI terus memantau pergerakan dolar AS. Tujuannya agar pelemahan tidak semakin dalam.

Ada baiknya juga kamu juga jaga-jaga supaya tidak terkena imbas pelemahan rupiah. Ada tiga cara yang bisa kamu terapkan agar keuangan tetap selamat alias tidak bokek saat dolar AS lagi mengamuk seperti dikutip dari CekAja.com:

Baca juga  Olahraga Sederhana Ini Akan Membuat Payudaramu Jadi Kencang

Pertama: tahan diri belanja barang impor

Pelemahan rupiah ini membuat harga barang impor, seperti sepatu dan parfum, naik otomatis. Sebab, perdagangan antarnegara kebanyakan menggunakan dolar AS. Lebih baik menunggu barang impor saat harganya kembali murah.

Kedua: tunda rencana liburan ke luar negeri

Pelemahan rupiah membuat uang kamu bernilai rendah jika ditukar ke mata uang asing. Depresiasi rupiah akan membuat biaya perjalanan dan akomodasi untuk liburan ke luar negeri membengkak.

Kalau mau pelesir ke luar negeri, lebih baik ditunda. Kalau sudah terlanjur membeli tiket, alokasikan uang tunai untuk dijaga. Belanjalah menggunakan kartu kredit untuk jaga-jaga.

Baca juga  Tips Bugar 20 Selebriti dengan Tubuh Terseksi

Ketiga: investasi

Investasi menjadi salah satu cara cerdas untuk menjaga keuangan dari beragam dampak negatif, termasuk pelemahan rupiah. Kamu bisa memilih produk investasi yang sesuai, seperti emas, reksa dana, saham, surat utang, sampai properti. Kerennya, kamu bisa membeli reksa dana dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu. (CA)

COMMENTS