oleh

Bertahan 14 Abad, Ini Potret Pohon Sahabi Tempat Berteduh Rasulullah SAW

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Salah satu makhluk hidup yang menjadi saksi sekaligus “sahabat” Rasulullah SAW yakni pohon Sahabi, menjadi lokasi yang tak luput utuk dikunjungi banyak pengunjung di seluruh dunia. Tumbuhan ini disebut sahabi yang berarti pohon yang diberkati. Pohon ini berhasil bertahan hidup di tengah ganasnya gurun Yordania selama 1400 tahun.

Pohon Sahabi ini letaknya di bagian utara padang pasir Yordania. Dalam radius ratusan kilometer, tak ada pohon lain yang hidup selain sang sahabi. Pohon yang hidup sendiri ini dipercaya sebagai saksi pertemuan biarawan Kristen bernama Bahira dengan Nabi Muhammad SAW.

Tiga manuskrip kuno yang ditulis oleh Ibn Hisham, Ibn Sa’d al-Baghdadi dan Muhammad Ibn Jarir al-Tabari menceritakan tentang kisah Bahira yang bertemu dengan bocah kecil calon Rasul terakhir. Saat itu Muhammad baru berusia 9 atau 12 tahun. Ia menyertai pamannya Abu Thalib dalam perjalanan untuk berdagang ke Suriah, dikutip dari Merdeka.

Baca juga  Pembantaian Srebreniica, Pembantaian Terbesar Dalam Sejarah Modern Bangsa Eropa kepada Muslim Bosnia

Bahira bertemu dengan kelompok kafilah tersebut dan mengajak mereka untuk beristirahat. Bahira telah mendapat firasat kalau ia akan bertemu dengan sang nabi terakhir. Diperhatikannya masing-masing tamu. Namun tak satupun di antara mereka yang memiliki tanda-tanda mukjizat.

Ternyata masih ada satu anggota rombongan yang tidak ikut masuk ke tempat Bahira. Muhammad kecil diminta menunggu di bawah pohon untuk menjaga unta-unta. Bahira pun meminta agar bocah kecil tersebut diajak berteduh dan bersantap. Konon, segumpal awan memayungi Muhammad ke manapun ia pergi. Dari sanalah sang biarawan yakin kalau pemuda itu memang benar-benar nabi yang sudah diramalkan kedatangannya.

Masih bertahan hidup selama 1400 tahun, berikut ini 6 potret penampakan Pohon Sahabi yang menjadi tempat berteduh Rasulullah SAW dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (8/5/2020).

Baca juga  Jaimie Brown, Tinggalkan Hollywood Demi Islam

1. Tumbuh di gurun di wilayah Yordania, pohon ini disebut juga sebagai Pohon Nabi ‘The Only Living Sahabi’.

2. Menjadi saksi hidup Rasulullah SAW, sekarang pohon tersebut dilestarikan oleh pemerintah setempat.

3. Tampak di sekeliling Pohon Sahabi dilindungi pagar dan keberadaannya dipantau secara rutin.

4. Meski dipagar, siapapun masih bisa menyentuh dan berlindung di bawah cabangnya yang rimbun.

5. Sudah hidup 1400 tahun, batang dan akar besar Pohon Sahabi itu masih tampak kokoh meski hidup di tengah gurun.

6. Dilansir Green Prophet, pohon itu bersedia merundukkan cabangnya demi Muhammad merupakan bukti mengenai kesaksiannya terhadap kerasulan Muhammad.

Komentar