oleh

Berkat Aplikasi Informasi Berbasis Online, Kota Tangsel Kembali Meraih WTP

TANGSEL, SUARADEWAN.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun ini kembali menyabet predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan terhadap pengelolaan keuangan itu diberikan atas dasar makin tertatanya pertanggungjawaban dan transparansi keuangan daerah.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Banten memberikan predikat WTP atas laporan keuangan Pemerintah Kota Tangsel tahun 2017. Kota Tangsel merupakan daerah hasil pemekaran Kabupaten Tangerang, yang berdiri pada tanggal 26 November 2008.

banner 728x419

“Dalam rentang waktu hingga 2018, kota termuda di Provinsi Banten tersebut sudah menyabet penghargaan WTP sebanyak enam kali. Diantarantaranya tahun 2010, 2011, dan 2012 WTP, 2013 dan 2014 Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Kemudian tahun 2015, 2016, dan 2017 dapat WTP.

Baca Juga:  Usai Libur Panjang, Airin Gelar Open House Halal Bihalal di Kediamannya

“Jadi kita cuma dua kali yang dapat WDP, selebihnya WTP semua,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel Warman Syahnudin, saat ditemui diruang kerjanya, pada Kamis (06/6/2018).

Menurutnya, indikator utama yang dimiliki Kota Tangsel untuk memperoleh itu semua, yakni berkat adanya sistem pengelolaan keuangan daerah yang berbasis online. Dimana semua pencatatan pendapatan hingga belanja sudah terkoneksi satu sama lain sejak awal.

“Misalnya pendapatan satu tahun kita katakan ditarget Rp 2 triliun. Dari jumlah itu contohnya dari pendapatan PBB targetnya Rp 1 triliun, jadi itu dari awal sudah jadi piutang. Sama juga seperti belanja mobil dinas, sekarang dicatatnya bukan terakhir. Sebelumnya kan pengadaan dahulu, terus diperiksa, baru dibayar dan dicatat. Tapi kalau sekarang tidak, dicatat dahulu,” jelasnya.

Baca Juga:  BKPP Kota Tangsel Terus Pantau Para Pegawai Selama Bulan Suci Ramadhan

Sementara Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyampaikan rasa syukurnya, atas predikat WTP yang kembali diperoleh. Ia pun berterima kasih kepada semua jajarannya atas segala upaya yang dilakukan hingga tercapainya prestasi ini.

“Atas pencapaian ini, sudah sepatutnya kita mengucapkan Ahamdulillah. Pada hakikatnya ini merupakan hasil kerja keras semua pihak. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari semuanya,” ungkapnya. (FN)

Komentar

Berita Lainnya