Berapa Dana Perjalanan Dinas dan Kunker Gubernur Anies ke Luar Negeri?

Berapa Dana Perjalanan Dinas dan Kunker Gubernur Anies ke Luar Negeri?

932 Bangunan Pulau D Reklamasi Disegel, Anies: Hukum Tak Pandang Bulu
Tong Sampah Jadi Polemik, Anies: Diramein Sekalian, Gedein Sekalian
Pemprov DKI Jakarta Akan Gelar Tarawih Akbar di Monas 26 Mei

JAKARTA, SUARADEWAN.com — “Yang terasa sekali, begini: sesudah jadi gubernur, saya tidak pernah ke airport. Perginya ke Marunda, Kebayoran Lama, Cilincing, Ciputat. Karena itu yang diurus. Sampai saya kemarin datang ke airport, kaget lihat terminal 3, saking jarangnya ke airport…”

Ucapan itu disampaikan Anies Baswedan saat ditanya perbedaan yang dirasakannya saat menjabat Gubernur DKI Jakarta dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Aa Gym, pemandu sekaligus pengisi acara tersebut, melontarkan pertanyaan itu sebagai pembuka dari perbincangan soal Tauhid yang berlangsung selama hampir dua jam di Masjid Istiqlal, Jakarta, 14 Januari lalu.

Jika pertanyaan itu dilontarkan hari ini, jawaban yang diberikan Anies bakal berbeda. Sebab, dalam kurun waktu kurang dari sebulan, Anies menerima undangan beberapa acara ke luar negeri, dan itu semua diterimanya.

Hari ini (29/4/2018), misalnya, ia berangkat ke Los Angeles, Amerika Serikat (AS) dalam rangka mempererat kerja sama yang sejak lama dijalin kedua kota. Hal ini dikatakan Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN) DKI Jakarta, Muhammad Mawardi. Ia mengatakan Los Angeles adalah satu-satunya kota di AS yang menjalin kerja sama sekaligus menjadi percontohan bagi Jakarta.

Baca juga  Ini Kata Anies Soal Konteks 'Pribumi' dalam Pidatonya
Baca juga  Anies : Ini Tentang Warga Jakarta

Hingga saat ini, Jakarta memiliki 21 “sister city”—kota beda negara yang bekerja sama dalam beragam bentuk, biasanya demografinya mirip—yang tersebar di lima benua. Ada 10 kota di Asia, tujuh di Eropa, dua di Afrika dan satu di AS dan Australia.

Pada 18 April lalu, Anies mengunjungi Casablanca, Maroko, untuk agenda yang kurang lebih serupa: memenuhi undangan Wali Kota Casablanca, Mr. Abdeelaziz Omari dalam acara “The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018.”

Dua hari setelah itu, ia bertandang ke Turki untuk membahas penguatan persahabatan dan pengembangan kerja sama Jakarta dan Istanbul telah terjalin sejak 2007.

COMMENTS