Begini Argumen Konspirasi Teori Bumi Datar

Begini Argumen Konspirasi Teori Bumi Datar

Bung Karno di Sidang Umum PBB XV: Pancasila adalah Ideologi Alternatif Dunia
Runtuhnya Islam di Andalusia Bisa Terulang di Indonesia
Ini Senjata Canggih Milik BNN. Apa Saja Keunggulannya?

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Teori konspirasi datang dalam berbagai bentuk dan ukuran besar, kecil, besar, pendek, tinggi, bulat dan datar. Sebuah teori yang meyakini Bumi bukan 3-D tetapi 2-D atau Bumi datar, memiliki argumen yang kuat. Lalu apa yang mendasari mereka mempercayai teori Bumi datar ini?

Pada tahun 2018, 2 persen orang Amerika percaya bahwa dunia itu datar dan banyak dari mereka berusia antara 18 dan 24 tahun. Setengah dari orang itu ‘sangat religius’ dan mengatakan bahwa mereka berpikir dunia itu datar karena itu tertulis dalam Alkitab.

Pada dasarnya, karena keyakinan atau pandangan mereka, percaya itu jauh lebih bisa dibayangkan bahwa Bumi diciptakan untuk manusia hidup, daripada dibuat secara acak. Oleh karena itu, mereka berpikir bahwa Bumi harus menjadi surga dunia dengan dasar yang datar, didedikasikan untuk hidup kita yang nyaman, daripada planet bundar yang suatu saat bisa berakhir karena kiamat.

Baca juga  Lima Teori Konspirasi Ini Dianggap Ngawur, tapi Banyak Yang Percaya

Untuk membujuk orang lain, konspirasi teori Bumi datar menggunakan argumen tentang lensa mata ikan yang digunakan untuk memotret Bumi, satelit palsu, berbagai pengukuran salah, ilusi kutub, terbang di belahan Bumi selatan, dan seterusnya.

Banyak yang berpikir bahwa NASA menyembunyikan kebenaran tentang Bumi karena mereka ingin menyembunyikan keberadaan Tuhan.

Kepercayaan bahwa Bumi ini datar berawal ribuan tahun dan itu dibagi oleh banyak peradaban kuno sampai filsuf Yunani Pythagoras, menghantam semua teori sebelumnya pada abad ke-6 SM yang mengungkap dunia bagaikan sebuah bola. Pada abad pertengahan, secara luas diterima bahwa bumi itu bulat dan itu digambarkan seperti itu dalam seni.

Kemudian ketika manusia melakukan perjalanan ke bulan untuk pertama kalinya, yang masih diperdebatkan oleh para ahli teori konspirasi, terkumpul bukti yang kuat dan tersedia secara luas bahwa ya, Bumi itu bulat.

Baca juga  Konspirasi Tersembunyi dibalik Film Avengers; Infinity War 

Pada 2018, para fisikawan setuju bahwa teori Bumi yang datar adalah hal ‘mustahil’. Bahkan, hal-hal yang kita lihat dengan mata telanjang juga menyangkal teori Bumi datar.

Mengapa sebuah kapal secara bertahap menuruni cakrawala? Mengapa kita tidak melihat lebih banyak lagi tanah yang terbentang di sekitar kita dari puncak menara tinggi, jika Bumi itu datar?

Tetapi kekuatan mitos dan hasrat tertentu untuk tetap terlindung dari fakta-fakta kehidupan yang paling tak terbantahkan, telah membuat teori Bumi Datar kuat.

Sekelompok massa membuat video dan podcast YouTube, melibatkan orang terkenal seperti Freddie Flintoff, bintang basket Kyrie Irving, rapper B.o.B. dan Tila Tequila untuk bergabung dengan gerakan ini. (uzone)

COMMENTS