oleh

Bawaslu Sulut: ASN Dilarang Hadiri Pendaftaran Balon Kepala Daerah

MANADO, SUARADEWAN.com — Ketua Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut), Herwyn Malonda, melarang ASN hadir dalam pendaftaran bakal calon (Balon) kepala daerah, sebagai bentuk netralitas.

“Sesuai dengan ketentuan atau regulasi yang diatur, ASN dilarang hadir, karena sebagai aparatur negara, wajib netral dalam pelaksanaan pemilihan termasuk Pilchard,” kata Malonda, di Manado, (1/9).

banner 1280x904

Malonda menegaskan, ASN dilarang datang ke lokasi pendaftaran dengan alasan apapun, dan itu adalah hal wajib dipatuhim kecuali yang memang ditugaskan negara ada di sekitar area KPU seperti staf sekretariat dan lainnya.

Baca juga  THR Tahun Ini Hanya Untuk ASN Eselon III Kebawah, DPR: Bantu Ekonomi Negara

Juga katanya, jika ada pasangan suami atau istri bakal calon, adalah ASN, maka hal itu akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat untuk melihat regulasi yang mengatur tentang itu.

“Pada aturan sebelumnya, jika pasangan suami atau istri bakal calon adalah PNS maka diwajibkan cuti selama tahapan, supaya tidak melanggar aturan netralitas ASN, tetapi sekarang kami menunggu penegasan KPU pusat,” katanya.

Baca juga  Jelang Waktu Pemilihan Semakin Dekat, Pangellu Makin Intens Pantau Kinerja Jajaran Bawaslu

Dia menegaskan, jika ada ASN yang melanggar aturan tersebut, maka pihaknya tidak akan segan-segan menindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (antr)

Komentar