oleh

Bawaslu Sulut: Ada Penyelenggara Beri Dukungan Ke Bakal Calon Perseorangan

MANADO, SUARADEWAN.com — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut mengkonfirmasi tentang dugaan adanya penyelenggara pemilu (ad hoc) yang memberikan dukungan kepada calon perseorangan.

Temuan dugaan tersebut disampaikan oleh Kordiv Hukum, Humas, Informasi dan Data Bawaslu Provinsi Sulut Supriyadi Pangellu bahwa pihaknya dalam melakukan pengawasan Tahapan verifikasi faktual terhadap dukungan bakal calon pereorangan di tiga daerah tersebut.

banner 1280x904

“Hasil temuan di Kabupaten Minahasa Selatan diduga para pemberi dukungan saat ini tercatat sebagai PPS, PPK dan bahkan Panwas Desa dan Kelurahan,” kata Supriyadi di Manado (4/7).

Baca juga  Bawaslu Sulut Ingatkan Parpol Pengusung Tidak Mengerahkan Massa Saat Pendaftaran

Menurutnya, kejadian ini tidak menutup kemungkinan juga terjadi di daerah lainnya yaitu Tomohon dan Kota Manado. Olehnya dia meminta jajaran Bawaslu Kabupaten/ Kota yang saat ini sedang melakukan proses pengawasan verifikasi faktual balon perseorangan, agar segera membuat laporan hasil pengawasan (LHP) temuan pelanggaran syarat dukungan.

Baca juga  Banyak Calon Langgar Protokol, Bawaslu Sulut Akan Gelar Rakor Cegah Mobilisasi Massa

“Segera laporkan ke Bawaslu Provinsi, jika memang terbukti tentunya akan diproses sesuai undang-undang yang berlaku. Yang jelas penyelenggara dilarang memberikan dukungan,” tutup Pangellu.

Sebagai informasi di Provinsi Sulawesi Utara yang akan menggelar pilkada Desember mendatang terdapat tiga daerah yang memiliki bakal calon perorangan yakni Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Tomohon dan Kota Manado. (red)

Komentar