oleh

Bawaslu: Partai Hanura dan KPU akan Dimediasi Besok

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Partai Hanura mengajukan sengketa ke Bawaslu terhadap KPU terkait pendaftaran bacaleg 2019. Bawaslu mengatakan jadwal mediasi akan dimulai, Kamis (9/8).

“Mediasi kemungkinan akan dilakukan besok, Kamis,” ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja, Rabu (8/8/2018).

Bagja mengatakan saat ini dokumen pendaftaran sengketa Hanura telah diregistrasi. Sesuai tahapan sengketa, usai registrasi maka akan diberikan kesempatan mediasi sebanyak dua kali.

“Sudah, dokumen sengketa Hanura sudah diregistrasi,” kata Bagja.

Ia mengatakan hari ini Hanura dan KPU akan diberitahukan terkait jadwal mediasi. “Hari ini diberitahu, jadwal mediasi Kamis,” tuturnya.

Baca juga  Pilgub Kaltim; Perlunya Merubah Mindset dari Pemilih Pragmatis Menjadi Pemilih Rasional

Diketahui Hanura mengajukan sengketa terkait keputusan KPU yang menyatakan dokumen perbaikan pendaftaran bacalegnya tidak memenuhi syarat. Komisioner KPU Hasyim Asy’ari sebelumnya mengatakan bacaleg Hanura yang akan dimasukkan ke dalam DCS adalah bacaleg yang didaftarkan sebelumnya.

“Dengan begitu, dokumen yang digunakan untuk DCS itu ya daftar calon yang didaftarkan pada 17 Juni 2018. Berita acara ini sudah disampaikan kepada Partai Hanura tadi malam,” kata Hasyim (2/8).

Baca juga  Mobil Komisioner Bawaslu Dilempari Batu

KPU mengatakan hanya ada sembilan bacaleg Hanura yang dinyatakan memenuhi syarat. Sembilan ini didapat dari 575 bacaleg yang telah didaftarkan Hanura pada 17 Juli 2018.

“Hasil verifikasi terhadap berkas yang diserahkan Partai Hanura pada 17 Juli (dari 575 bacaleg), ada sembilan calon yang dinyatakan memenuhi syarat sedangkan sisanya dinyatakan tidak memenuhi syarat,” kata komisioner KPU Ilham Saputra (3/8). (det)

Komentar