oleh

Banyak yang Tak Ikut Tes Baca Al-Qur’an, Puluhan Bacaleg di Aceh Dicoret

banner-300x250

ACEH, SUARADEWAN.com — Puluhan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Aceh Utara, Aceh dicoret oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) setempat. Kebanyakan dari mereka tidak mengikuti tes baca Alquran yang diperuntukkan bagi bacaleg di Aceh.

“Ada 32 orang yang tidak memenuhi syarat. Mereka semua tidak lulus administrasinya. Ada juga yang tidak ikut saat tes baca Alquran yang merupakan salah satu syarat menjadi caleg di Provinsi Aceh,” kata Ketua KIP Aceh Utara, Zulfikar dikonfirmasi detikcom, Jumat (10/8/2018).

Zulfikar menuturkan dari hasil verifikasi factual pendaftaran bacaleg pemilu 2019, hanya 645 peserta yang memenuhi syarat. Semuanya mendaftar dari 19 partai politik yang dibolehkan undang-undang bertarung di pemilu mendatang.

Baca juga  Dewan Pers: Wartawan yang Jadi Timses atau Caleg Harus Mundur

“32 orang dinyatakan gugur. Kebanyakan tidak hadir pada tes uji mampu baca Alquran dan selebihnya tidak lengkap administrasinya,” sebut Zulfikar.

Selanjutnya, KIP akan melakukan penyusunan daftar calon sementara (DCS) dan kemudian akan di paraf dan distempel oleh masing-masing partai politik. Setelah itu, pada tanggal 12 hingga 14 Agustus 2018 akan diumumkan ke media dan papan pengumuman yang mudah di akses masyarakat.

Baca juga  Gara-Gara Video Seks, Politisi Perempuan Irak Ini Gagal Caleg

“Setelah pengumuman kami sampaikan nanti, kami sangat mengharapkan tanggapan dari masyarakat terhadap bacaleg yang diumumkan tersebut,” tambah Zulfikar. (de)